Motif di Balik Penculikan Bocah di Klaten Terungkap!

Achmad Syauqi - detikNews
Jumat, 26 Feb 2021 17:14 WIB
Jumpa pers kasus ibu dan anak terkait kasus penculikan bocah, di Mapolres Klaten, Jumat (26/2/2021).
Jumpa pers kasus ibu dan anak terkait kasus penculikan bocah, di Mapolres Klaten, Jumat (26/2/2021). (Foto: Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten -

Polisi menangkap ibu dan anak, IR (52) dan RAR (25), pelaku penculikan bocah berusia 9 tahun di Klaten. Ibu dan anak itu nekat menculik karena kehilangan emas dan menuduh ibu korban pencurinya.

"Jadi motif kejadian ini, pelaku awalnya kehilangan emas. Dan pelaku menuduh ibu korban yang mencuri emasnya," terang Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu kepada wartawan di Mapolres Klaten, Jumat (26/2/2021).

Edy menjelaskan antara dua pelaku dan keluarga korban ini sebelumnya sudah saling kenal. Bahkan ibu korban pernah diajak para pelaku ke rumahnya di Lampung.

"Ibu korban ini pernah diajak ke Lampung kemudian singgah ke Bogor, jadi sudah saling kenal. Saat ibu korban pulang, pelaku ini kehilangan emasnya dan menuduh ibu korban yang mencuri, padahal tidak," ungkap Edy.

Menurut Edy, setelah kejadian kehilangan emas itu, pelaku dan korban sempat saling komunikasi lewat ponsel. Saat komunikasi itu, ibu korban membantah tuduhan itu.

"Setelah saling WA (WhatssApp), pelaku meminta ibu korban mengakui mencuri emasnya. Kata pelaku, emas itu emas warisan tetapi ibu korban tetap tidak mengakui, jadi ini motifnya," lanjutnya.

Soal apakah benar pelaku kehilangan emas, polisi juga masih mendalaminya.

"Ini (emas) kita juga belum tahu sebab tidak ada surat surat juga. Sebab itu pengakuan pelaku dan ini masih kita periksa," katanya.

Sementara itu, kondisi fisik korban tidak mengalami kekerasan fisik. Namun polisi akan memeriksa kondisi psikis korban.

"Untuk sementara tidak ada kekerasan fisik," kata Edy.

"Kita juga sedang melakukan konseling untuk mengetahui korban ada gangguan psikis atau tidak dengan memfasilitasi ke psikiater," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, polisi menangkap dua pelaku penculikan bocah 9 tahun di Klaten yang viral di media sosial. Pelaku yakni IR (52) dan RAR (25) merupakan ibu dan anak warga Kecamatan Way Jepara, Lampung Timur.

"Pelaku adalah IR dan RAR. Pelaku ini merupakan ibu dan anak," kata Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu kepada wartawan di Mapolres Klaten, Jumat (26/2).

Tonton juga Video: Bocah Korban Penculikan di Jaksel Ditemukan di Banten

[Gambas:Video 20detik]



(rih/sip)