Penculik Bocah yang Viral di Klaten Bermodus Ajak Makan Bakso

Achmad Syauqi - detikNews
Jumat, 26 Feb 2021 16:43 WIB
Dua pelaku penculikan bocah di Klaten ditangkap, Jumat (26/2/2021).
Du pelaku penculikan anak di Klaten ditangkap. (Foto: Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten -

Polisi akhirnya menangkap pelaku penculikan bocah berusia 9 tahun yang sempat viral di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Dalam aksinya, pelaku ternyata bermodus mengajak korban makan bakso.

"Korban dan pelaku ini sudah saling kenal. Setelah ketemu, korban diajak makan bakso ke Yogyakarta," ujar Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu pada wartawan di kantornya, Jumat (26/2/2021)

Namun bukannya ke Yogya, dua pelaku yakni ibu dan anak, IR (52) dan anak perempuannya RAR (25), membawa korban ke Solo.

"Pertama diajak singgah ke toko pakaian, baru setelah dari toko pakaian diajak makan bakso," jelas Edy.

Korban sempat menangis dan mengatakan ingin pulang. Namun tak dibawa pulang, korban justru dibawa ke Bogor, Jawa Barat. Tak sampai di situ, keluarga korban sempat menghubungi pelaku

Namun pelaku mengelak, meski akhirnya dia mengaku membawa kabur korban.

"Tapi akhirnya pelaku mengakui bersama korban tetapi setelah makan bakso korban dipulangkan, padahal ternyata tidak dipulangkan," kata Edy.

"Ini masih kita periksa intensif. Sebab baru datang tadi malam dari Bogor," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, polisi akhirnya menangkap dua pelaku penculikan anak tersebut di Bogor. Informasi soal penculikan ini juga sempat viral di media sosial. Dari tangan ibu dan anak itu, polisi menyita sejumlah barang bukti. Di antaranya mobil sedan warna putih, pakaian, ponsel, hingga rekaman CCTV.

"Kita amankan beberapa barang bukti. Para tersangka kita kenakan UU 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak. Kita kenakan pasal 76 f Jo 83 yang ancaman hukumannya paling singkat 3 tahun dan paling lama 15 tahun," terang Edy.

(sip/rih)