ADVERTISEMENT

Ombudsman: Rusuh Malioboro Percepat Terbitnya Pergub Batasan Demo di Yogya

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Kamis, 25 Feb 2021 19:07 WIB
Tugu Pal Putih Yogyakarta bebas dari kabel listrik, Rabu (16/12/2020)
Foto: Tugu Pal Putih Yogyakarta (Agus Septiawan/detikTravel)

Ia kembali menegaskan jika tidak melarang demo. Hanya saja jika demo akan dilakukan di objek vital yang disebutkan tadi, ia meminta agar para demonstran cukup mengirimkan perwakilannya untuk bertemu kepala daerah atau anggota dewan.

"Jadi demonya boleh. Kemudian ketika demo itu, misalnya dilakukan di Tugu dan ingin ketemu dengan dewan atau Gubernur. Kita akan mendampingi teman-teman dari perwakilan untuk bertemu beliau. Kita jamin keamanannya," tegasnya.

"Keamanan artinya orang demo itu ada pro dan kontra, agar tidak terjadi, misalnya baru demo lalu diganggu orang yang tidak suka, ketika kita hadir kita bisa mencegah itu. Sehingga kami tidak ingin terjadi peristiwa seperti di Jakarta mahasiswa demo tahu-tahu dikejar masyarakat," kata ia menambahkan.

Sementara itu, Kepala Ombudsman RI Perwakilan DIY, Budi Masturi, mengatakan pihaknya meminta penjelasan lebih teknis tentang tata cara dan tahapan perumusan rancangan Pergub tersebut sebelum ditandatangani Sultan HB X selaku Gubernur DIY. Termasuk siapa saja yang terlibat dalam perumusannya.

"Sampai dengan berapa substansi yang kita mintai klarifikasi, seperti (jarak) 500 meter (dari pagar terluar obyek vital), kenapa ada pengaturan suara berapa decibel dan sebagainya," kata Budi.

"Pergub itu inisiatifnya Pak Gubernur tapi melalui Pak Sekda. Kemudian, Pak Dewo sebagai Kepala Biro Hukum menerima arahan itu," lanjutnya.

Budi turut mengungkap bahwa sebenarnya perancangan Pergub sudah dilakukan sejak lama. Hanya saja dipercepat semenjak peristiwa unjuk rasa penolakan UU Cipta Kerja yang berujung rusuh di Kantor DPRD DIY dan seputaran kawasan Malioboro, 8 Oktober 2020 silam.

"Barangkali peristiwa di Malioboro beberapa waktu lalu jadi pemicu untuk segera merealisasikan pengaturannya. Tadi saya klarifikasi juga apa (perancangan Pergub) karena ini (kerusuhan saat demo)? Tetapi, itu memang menjadi faktor yang mempercepat," tutupnya.


(rih/sip)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT