Pelantikan 3 Bupati di DIY Digelar Besok dengan Undangan Terbatas

Pradito Rida Pertana - detikNews
Kamis, 25 Feb 2021 12:37 WIB
ilustrasi pilkada serentak 2015
Ilustrasi Pilkada. (Foto: Zaki Alfarabi)
Yogyakarta - Pemda DIY akan melantik 3 pemenang Pilkada Serentak 2020 di DIY secara tatap muka. Dalam pelantikan besok hanya akan melibatkan maksimal 25 orang.

Kepala Biro Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) DIY Sugeng Purwanto mengatakan pelantikan tersebut berlangsung Jumat (26/2) pagi. Pelantikan dilakukan secara langsung di Bangsal Kepatihan, Kompleks Kantor Gubernur DIY.

"Kemudian anjuran dari Kemendagri awalnya sama sekali tidak boleh luring. Tapi kemarin ada pengarahan dari Pak Menteri, selama bisa ketat untuk yang dihadirkan tidak lebih dari 25 orang termasuk yang terlibat pelantikan itu masih dimungkinkan," katanya saat ditemui di Kompleks Kantor Gubernur DIY, Kamis (25/2/2021).

Dengan mempertimbangkan hanya ada tiga pasangan pemenang Pilkada Serentak 2020 yang dilantik maka Pemda DIY meyakini pembatasan jumlah 25 orang bisa terealisasi. "Kalau provinsi lain kan ada 14 Kabupaten kan susah, mau tidak mau harus tetap daring. Tapi kita hanya 3 Kabupaten dan maksimal tetap bisa 24-24 orang," ucapnya.

"Jadi besok begitu Bupati, Wakil Bupati masuk pintu gerbang (ke Bangsal Kepatihan) akan ditutup, dan pelantikan tidak lebih dari 2 jam," imbuh Sugeng.

Sebelumnya, KPU di Kabupaten Bantul, Gunungkidul dan Sleman telah menggelar rapat pleno penetapan pasangan calon Bupati dan calon Wakil Bupati terpilih Pilkada Serentak 2020. Hasilnya tidak ada Bupati petahana yang kembali menjabat.

Masing-masing paslon terpilih yakni di Sleman pasangan Kustini Sri Purnomo-Danang Maharsa yang memperoleh 217.921 suara. Pilkada Gunungkidul yakni Sunaryanta-Heri Susanto dengan meraih 155.878 suara. Sedangkan Pilkada Bantul yakni Abdul Halim Muslih-Joko B Purnomo dengan jumlah suara 306.563 suara. (mbr/sip)