Rencana Sekolah Tatap Muka Bulan Juli, Pemda DIY: Terbatas Dulu

Pradito Rida Pertana - detikNews
Kamis, 25 Feb 2021 16:03 WIB
Poster
Foto: Ilustrasi (Edi Wahyono)
Yogyakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut vaksinasi COVID-19 untuk guru ditargetkan selesai bulan Juni dan bulan Juli mulai dilakukan sekolah tatap muka atau pembelajaran tatap muka. Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mendukung keputusan tersebut.

"Jadi saya kira kalau dimulai Juli agak memungkinkan karena pertama guru sudah mulai divaksin lalu masyarakat juga sudah divaksin," kata Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji saat ditemui di Kompleks Kantor Gubernur DIY, Kemantren Danurejan, Kota Yogyakarta, Kamis (25/2/2021).

Terlebih, lanjutnya, saat ini penambahan kasus harian Corona di Yogyakarta cenderung menurun.

"Terus kalau kita lihat angka ini kalau kita lihat penurunannya cukup signifikan lah, terutama di Yogyakarta," ujarnya.

Aji juga menyebut faktor pendukung lainnya adalah anak-anak sudah terbiasa menerapkan protokol kesehatan. Namun, untuk tanggal pasti mulai pembelajaran secara tatap muka dia belum bisa memastikannya.

"Itu nanti anak-anak juga sudah mulai terbiasa bagaimana jaga protokol kesehatan, karena itu saya kira memungkinkan Juli, di tahun ajaran baru dimulai tatap muka. Tapi keputusannya kita lihat," katanya.

Selain itu, Aji juga menyebut skema pembelajaran tatap muka akan berlangsung secara bertahap. Di mana yang pertama adalah di perguruan tinggi.

"Kita tentu akan ke situ, kita nanti lihat mahasiswa, terbatas dulu baru penuh, begitu pula untuk SMA dan seterusnya," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut vaksinasi untuk Guru selesai Juni dan bulan Juli mulai dilakukan pembelajaran tatap muka. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menyebut kemungkinan itu ada.

"Kemungkinan itu (Juli pembelajaran tatap muka) ada lah," kata Tenaga Ahli Menteri Kesehatan Bidang Penanganan Pandemi COVID-19 Andani Eka Putra saat ditemui di Kompleks Kantor Gubernur DIY, Kemantren Danurejan, Kota Yogyakarta, Kamis (25/2).

Eka menyebut saat ini jumlah vaksinasi mencapai 500 ribu hingga 1 juta per bulannya. Sehingga target vaksinasi kepada 5 juta Guru dan tenaga pendidik akan tercapai.

"Karena dengan catatan 500 ribu hingga 1 juta (vaksinasi) per bulan itu akan tercapai. Jadi saya rasa kemungkinan itu (selesaikan vaksinasi guru dan mulai pembelajaran tatap muka bulan Juli) ada," ujarnya.

Simak Video: Jokowi Targetkan Belajar Tatap Muka Bisa Dilakukan Pada Juli

[Gambas:Video 20detik]



(rih/ams)