Populer Sepekan

Viral Pendaki Gunung Lawu Dituntun Burung Jalak, Ini Mitos dan Faktanya

Andika Tarmy - detikNews
Minggu, 21 Feb 2021 09:18 WIB
Viral pendaki Lawu tersesat kemudian dituntun burung Jalak, Jumat (19/2/2021).
Viral pendaki Lawu tersesat kemudian dituntun burung Jalak, Jumat (19/2/2021). Foto: Tangkapan layar video akun TikTok @mocha_doank
Karanganyar -

Video kisah seorang pendaki Gunung Lawu yang ditolong oleh seekor burung yang disebut jenis Jalak, viral di media sosial. Sempat tersesat, pendaki tersebut akhirnya dapat bertemu kembali dengan rombongannya setelah 'dituntun' oleh burung Jalak.

Dalam video di akun TikTok berdurasi semenit tersebut menampilkan seekor burung berwarna gelap, yang tampak seperti sedang menuntun pendaki yang merekam video. Betapa tidak, burung ini tidak terbang melainkan melompat-lompat kecil mengikuti jalur pendakian.

"Subhanallah dituntun sama jalaknya, terima kasih. Tuh, kelihatan kita dituntun sama jalak penghuni Lawu. Subhanallah, terima kasih," kata pendaki tersebut sambil terengah-engah dalam video, seperti dikutip detikcom.

Video ini diunggah oleh akun TikTok @mocha_doank. Saat dimintai konfirmasi, pemilik akun TikTok @mocha_doank, Mohammad Soleh (37), membenarkan video tersebut diambil olehnya. Pengalaman tersebut didapatnya ketika mendaki Gunung Lawu pada Agustus 2020, namun baru sempat dibaginya melalui TikTok, beberapa hari lalu.

Soleh mengatakan, meski hobi naik gunung, dirinya memang baru pertama kali naik Gunung Lawu. Sehingga dirinya mengaku belum mengenal dengan baik jalur-jalur pendakian Lawu.

"Karena bos saya capek, kemudian istirahat, (pendaki) yang lain jalan. Saya jalan pelan-pelan sama bos saya, harusnya ke atas tapi saya belok ke kiri. Ternyata itu bukan treknya. Jadi semacam buntu gitu sudah nggak ada jalan setapak," ujar Soleh saat dihubungi detikcom, Jumat (19/2/2021).

Soleh sempat berbalik untuk kembali ke jalur yang tadi dilalui. Namun karena dia menemui banyak cabang, Soleh dan rekannya ini mulai kebingungan.

"Balik itu udah bingung, itu kan ada cabang lagi. Bingung, duduk lagi," imbuhnya.

Pada momen itulah, datang seekor burung mendekati keduanya. Soleh kemudian teringat mitos Jalak Lawu, seekor burung Jalak yang kerap membantu pendaki Gunung Lawu yang tersesat.

"Awal-awal (pendakian) memang sudah ada Jalak, cuman awalnya nggak percaya aja kalau sampai dituntun. Nah kemudian ada Jalak datang kan, cobalah saya ikutin," terangnya.

Soleh bersama rekannya kemudian mengikuti Jalak tersebut. Selama perjalanan, Jalak tersebut tidak terbang, namun melompat-lompat bagaikan menuntun Soleh dan rekannya.

"Ada tiga kali saya capek sehingga harus berhenti istirahat. Setiap kami duduk, Jalak itu masuk ke semak. Ketika kami lanjut, dia keluar lalu nuntun lagi. Akhirnya kita ikutin lagi," urai Soleh.

Dengan tuntunan si Jalak, Soleh dan rekannya berhasil mencapai puncak Lawu. Di puncak, keduanya disambut rombongan yang sempat bingung mencari keduanya. Di momen inilah, burung Jalak itu menghilang.

"Nuntun sampai puncak. Setelah sampai puncak sudah ketemu kawan-kawan kan bingung juga nyariin kita. Setelah saya ketemu kawan-kawan, saya cari Jalaknya sudah nggak ada," kata Soleh.

Soleh bersyukur mendapatkan pengalaman tersebut. Dirinya awalnya mengira mitos Jalak Lawu hanya sebatas cerita.

"Waktu itu capek sekali, hampir putus asa. Tapi ketemu Jalak itu, bismillah lah kita ikuti. Tadinya saya pikir mitos, ternyata setelah mengalami baru percaya," pungkasnya.

Selanjutnya, mitos tentang burung Jalak di Gunung Lawu...

Saksikan juga 'Sukuh, Candi Unik yang Berada di Kaki Gunung Lawu, Karanganyar':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3