Ngeri! Ruang Tamu Warga Temanggung Ini Mendadak Bolong Gegara Ambles

Eko Susanto - detikNews
Kamis, 18 Feb 2021 17:09 WIB
Penampakan tanah ambles di ruang tamu warga Temanggung, Kamis (18/2/2021)
Penampakan tanah ambles di ruang tamu rumah warga Temanggung, Kamis (18/2/2021) Foto: Eko Susanto/detikcom

Dihubungi terpisah, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Temanggung, Dwi Sukarmei, mengatakan pihaknya sudah menerima laporan terkait tanah ambles di dalam rumah warga. Setelah dicek ternyata ada saluran irigasi yang mengaliri sawah menuju Desa Traji dan sekitarnya.

"Kami menerima laporan dari warga terkait dengan tanah ambles yang ada di dalam rumah. Kami telah melakukan survei, Rabu (17/2), pukul 13.00 WIB, memang telah terjadi tanah ambles atau lantai ambles di rumah Pak Supadiyono. Setelah kita teliti memang ada saluran irigasi yang di dalam rumah tersebut mengaliri sawah ke Desa Traji dan sekitarnya," ujar Dwi.

Dwi menduga tanah ambles itu terjadi akibat buis beton yang tidak kuat menahan beban di atasnya. BPBD menaksir kerugian yang dialami Supadiyono mencapai belasan juta rupiah.

"Mungkin akibat buis beton yang tidak kuat menahan beban di atasnya, akhirnya keramik maupun yang di atasnya ikut ambles. Kami sudah mendeteksi kerugiannya kurang lebih Rp 15 juta. Kebutuhan yang sangat mendesak, langkah-langkah kami adalah semen beserta pasir untuk membangun lagi," ucap Dwi.


(ams/rih)