Round-Up

Bupati Sleman Kena Corona, Sudah Divaksin-Sempat Kontak Menteri KKP dan Sultan

Jauh Hari Wawan S. - detikNews
Jumat, 22 Jan 2021 07:55 WIB
Bupati Sleman Sri Purnomo divaksin COVID-19, Kamis (14/1/2021).
Bupati Sleman Sri Purnomo divaksin COVID-19, Kamis 14/1/2021. (Foto: Tangkapan layar Sleman TV)

Diketahui, pada Senin (18/1), Sri Purnomo sempat berkontak dengan rombongan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono yang melakukan kunjungan kerja ke Sleman. Kemudian pada Selasa (19/1) sempat berkontak dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X saat acara pemasangan patok Tol Yogya-Bawen.

"Rabu masih ada acara dengan Gubernur DIY dan hari Selasa masih ada acara dengan Kementerian (KKP). Saat ini kita sedang berkoordinasi," sebutnya.

Joko menegaskan jika positifnya Bupati Sleman Sri Purnomo tidak ada kaitannya dengan vaksin. Menurutnya positifnya Sri Purnomo bukan disebabkan oleh vaksin.

"Nggak ada kaitannya (dengan vaksin). Itu dua hal yang berbeda," tegasnya.

Dinkes menduga Bupati Sleman tertular dari salah satu pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Pasalnya, pimpinan OPD itu hari ini juga dinyatakan positif.

"Kita ketahui aktivitas Pak Bupati banyak bertemu orang. Kebetulan ada salah satu OPD yang karyawannya positif antigen kemudian ditracing sampai pimpinannya positif," kata Joko saat ditemui di Kantor Sekretariat Daerah Sleman, Kamis (21/1/2021).

Joko menjelaskan, pimpinan OPD itu sempat menghadap ke ruangan Bupati Sleman.

"Senin (18/1) pimpinan OPD menghadap Pak Bupati sehingga kontak cukup lama. Kepala OPD itu diswab antigen Selasa (19/1) kemudian Rabu (20/1) PCR dan hasilnya positif hari ini," jelasnya.

"Apakah karena itu atau tidak, itu tidak bisa dipastikan tapi salah satu kemungkinan analisinya karena Bupati jelas kontak banyak orang dan jelas kontak yang positif dengan pas hari Senin (18/1)," urainya.

Halaman

(mbr/mbr)