Bupati Sleman Positif Corona, Sempat Kontak Menteri Kelautan dan Sultan

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 18:40 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono bersama Bupati Sleman Sri Purnomo lakukan penebaran benih ikan di Embung Gadingan, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman, Senin (18/1/2021).
Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono bersama Bupati Sleman Sri Purnomo lakukan penebaran benih ikan di Embung Gadingan, Sleman, Senin (18/1/2021). Foto: dok Humas Pemkab Sleman
Sleman -

Bupati Sleman Sri Purnomo mengumungkan terkonfirmasi positif Corona hari ini. Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono serta Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono (HB) X sempat kontak dengan Sri Purnomo.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman Joko Hastaryo menjelaskan kontak erat terhadap Bupati Sleman dihitung sejak dua hari dinyatakan positif Corona.

"Kontak erat dihitung dua hari setelah positif, karena Rabu (20/1) sudah positif antigen, jadi mulainya Senin (18/1) disebut kontak erat," kata Joko saat ditemui di Kantor Sekretariat Daerah Sleman, Kamis (21/1/2021).

Joko mengatakan pihaknya saat ini masih terus melakukan identifikasi dengan berbagai pihak yang sempat berkontak dengan Sri Purnomo.

"Kontak erat yang lain kita identifikasi memang belum selesai, Jumat (22/1) besok kita swab antigen," jelasnya.

Diketahui, pada Senin (18/1), Sri Purnomo sempat berkontak dengan rombongan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono yang melakukan kunjungan kerja ke Sleman. Kemudian pada Selasa (19/1) sempat berkontak dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X saat acara pemasangan patok Tol Yogya-Bawen.

"Selasa masih ada acara dengan Gubernur DIY dan hari Senin masih ada acara dengan Kementerian (Kelautan dan Perikanan). Saat ini kita sedang berkoordinasi," sebutnya.

Bupati Sleman Sri Purnomo bersama Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X di acara pemasangan patok trase tol Yogya-Bawen di Sleman, Selasa (19/1/2021).Bupati Sleman Sri Purnomo bersama Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X di acara pemasangan patok trase tol Yogya-Bawen di Sleman, Selasa (19/1/2021). Foto: dok. Humas Pemkab Sleman

Sebelumnya diberitakan, Bupati Sleman Sri Purnomo mengumumkan jika dirinya positif virus Corona atau COVID-19. Padahal, sebelumnya Sri Purnomo telah menerima vaksin Sinovac pada tanggal 14 Januari lalu.

Pengumuman itu ia sampaikan di akun Instagram pribadinya @sripurnomosp hari ini.

"Assalamu'alaikum Wr. Wb

Hari ini Kamis 21 Januari 2021, saya Sri Purnomo Bupati Kabupaten Sleman menyampaikan kondisi terkini yang sedang saya hadapi," tulis Sri dalam akun media sosial Instagramnya seperti dikutip detikcom, Kamis (21/1/2021).

Ia menjelaskan sebelumnya telah menjalani tes swab antigen pada Rabu (20/1) dengan hasil positif. Kemudian dilanjutkan swab PCR dengan hasil positif.

"Sebelumnya, Rabu 20 Januari 2021 saya menjalani tes swab antigen yang mana hasilnya dinyatakan positif. Kemudian dilanjutkan dengan tes swab PCR, dimana hasil yang saya terima pagi ini dinyatakan positif," jelasnya.

(rih/ams)