Geger Bupati Sukoharjo Vs Pedagang Ribut Soal Penutupan Warung Saat PPKM

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Kamis, 14 Jan 2021 12:38 WIB
tangkapan layar video viral Bupati Sukoharjo ribut dengan pedagang
Foto: tangkapan layar video viral Bupati Sukoharjo ribut dengan pedagang
Sukoharjo -

Penerapan jam malam dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kabupaten Sukoharjo, JawaTengah menimbulkan gejolak. Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya sampai beradu mulut dengan pedagang saat melakukan penutupan warung secara paksa.

Kejadian tersebut terekam dalam video dan viral di media sosial. Ada beberapa video yang tersebar dan masih merupakan satu rangkaian kejadian.

Tampak Bupati Wardoyo bersama sejumlah petugas Satpol PP berada di sebuah tempat makan. Diketahui lokasinya berada di Marki Food Center di daerah Dompilan, Sidorejo, Kecamatan Bendosari, Sukoharjo.

Perempuan dalam video mengeluhkan sepinya warung. Dia mengaku kambing sembelihannya tak habis karena sepi pembeli.

"Aku mbeleh wedus, rong dino ra entek. Anakku mangan opo (Saya menyembelih kambing, dua hari tidak habis. Anak saya makan apa)," kata perempuan itu dalam video yang viral.

Salah satu pria tampak mengamuk dengan memukulkan pisau ke tempat penggorengannya. Dia terlihat emosi hingga diminta bersabar oleh temannya.

"Aku ra wedi karo uwong, aku luwe. Sopo sing tanggung jawab, aku luwe. Bantuan opo, selama iki aku ra tau etuk opo-opo (saya tidak takut sama orang, saya lapar. Siapa yang tanggung jawab. Bantuan apa. Selama ini saya tidak pernah dapat apa-apa)," kata pria berambut gondrong itu dengan nada tinggi.

Sementara Wardoyo sempat diminta oleh seorang pria lain dari warung itu agar merevisi aturan. Namun Wardoyo tidak terima dan menganggap orang tersebut mengatur pemerintahan.

"Lho kok kamu wani (berani) ngatur pemerintah ki apa," kata Wardoyo sambil menunjuk pria itu.

Pada momen lain, Wardoyo juga melarang orang di lokasi itu memfoto atau memvideokannya. Wardoyo bahkan sampai mendatangi orang yang memfoto dengan ponselnya.

"Ora poto-potonan (tidak usah memfoto)," ujar Wardoyo.

Pada video lain, tampak situasi jalan yang diduga masih berada di kawasan warung. Di situ, para pedagang itu berteriak-teriak memprotes Wardoyo yang melakukan penutupan.

Selanjutnya kata Kasatpol PP Sukoharjo tentang keributan itu...

Selanjutnya
Halaman
1 2