PKL di Klaten Akhirnya dapat Toleransi Jam Buka Saat PKM, Ini Aturannya

Achmad Syauqi - detikNews
Rabu, 13 Jan 2021 18:01 WIB
Tim gabungan saat operasi yustisi PKM di pabrik kecamatan Ceper, Klaten, Rabu (13/1/2021).
Tim gabungan saat operasi yustisi PKM di pabrik kecamatan Ceper, Klaten, Rabu (13/1/2021). Foto: Acmad Syauqi/detikcom
Klaten -

Keluhan para pedagang kaki lima (PKL) terkait pembatasan jam buka maksimal pukul 19.00 WIB direspons Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten. Pemkab Klaten mengizinkan pedagang lebih awal membuka lapaknya, yakni pukul 13.00 WIB.

"Di SE bupati maupun edaran dinas perdagangan jam buka maksimal pukul 19.00 WIB tapi kami ambil kebijakan yang biasanya boleh buka mulai pukul 15.00 WIB boleh buka jam 13.00 WIB," kata Plt Kasatpol PP Pemkab Klaten Rabiman kepada detikcom di kompleks Pemkab Klaten, Rabu (13/1/2021).

Rabiman mengatakan toleransi ini diberikan selama kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat (PKM) diberlakukan. Dia pun mewajibkan para pedagang tertib menutup lapaknya pukul 19.00 WIB.

"Kebijakan ini hanya selama PKM tanggal 11 Januari sampai 25 Januari. Dengan catatan pokoknya jam 19.00 WIB harus tutup," lanjut Rabiman.

Rabiman berharap kebijakan baru ini bisa mengakomodir keinginan pedagang. Dia pun berharap warga tetap mematuhi dan disiplin protokol kesehatan COVID-19.

"Kalau pedagang baru buka pukul 15.00 WIB sampai 19.00 WIB sudah harus tutup kan kasihan. Dengan begitu pedagang bisa tetap jualan dan masyarakat juga paham menjaga keselamatan" ucap Rabiman.

PKM hari ketiga ini, pihaknya masih melakukan patroli di perkantoran dan pabrik. Hingga saat ini belum ada teguran tertulis yang dilayangkan.

"Belum. Belum ada teguran tertulis kita berikan sebab ini masih terus patroli dan baru akan kami cek lagi perkembangannya nanti, kalau nekat kami beri peringatan," ujar Rabiman.

Dia mengaku masih menemukan kantor yang tidak mematuhi protokol kesehatan saat PKM hari ketiga ini. Pihaknya pun memberikan teguran lisan kepada kantor tersebut.

"Kita berikan teguran lisan keras tadi. Kami berpacu dengan waktu sebab luasnya wilayah tidak bisa terjangkau semua," papar Rabiman.

Selanjutnya Satpol PP menegaskan warga wajib disiplin protokol kesehatan...

Selanjutnya
Halaman
1 2