Jalur Utama Wonosobo-Kebumen Putus, Amblesnya Makin Dalam dan Lebar

Uje Hartono - detikNews
Rabu, 13 Jan 2021 17:12 WIB
Jalur utama Wonosobo-Kebumen, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah ambles hingga kedalaman 10 meter pagi tadi.
Jalur utama Wonosobo-Kebumen, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, ambles, Selasa (12/1/2021). (Foto: Uje Hartono/detikcom)
Wonosobo -

Jalan utama Wonosobo-Kebumen ambles dengan kedalaman sekitar 10 meter sehingga memutus akses kedua daerah tersebut, Selasa (12/1). Kondisi amblesnya jalan di Desa Trimulyo, Kecamatan Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, itu disebut semakin dalam dan lebar.

"Tanah terus bergerak. Jadi kondisi hari ini dengan kemarin berbeda. Lebih dalam hari ini, dan lebih lebar lagi dampaknya," kata warga Desa Trimulyo, Sutarno, saat dihubungi detikcom, Rabu (13/1/2021).

Bahkan, lanjutnya, bagian bawah kantor Balai Pertanian Kecamatan Wadaslintang mulai menganga. Sutarno memperkirakan, ada penambahan kedalaman ambles antara 1,5 meter hingga 2 meter dibanding satu hari lalu.

"Kalau saya perhatikan tadi pagi dengan kemarin itu sekitar ada penambahan 1,5 meter sampai 2 meter," sebutnya.

Kondisi tersebut juga dibenarkan Camat Wadaslintang, Mitro Sambodo. Menurutnya, bertambahnya dampak dari jalan ambles ini disebabkan lantaran hujan deras pada Selasa (12/1).

"Kemarin hujan dari sore sampai pagi. Ini salah satu yang memicu jalan di sini bertambah ambles," kata Mitro.

Untuk kantor Balai Pertanian, sementara dipindah ke tempat yang lebih aman. Meski sebagian besar barang dan peralatan kantor lainnya masih di dalam balai tersebut.

"Sekarang sudah pindah dulu di rumah warga yang lebih aman. Kalau barang-barangnya masih di kantor," ujarnya.

Akibat tingginya intensitas hujan di wilayah Wadaslintang, juga menyebabkan jalan ambles di Desa Ngalian, Kecamatan Wadaslintang. Setengah dari bahu jalan tersebut rusak.

"Untuk titiknya itu sebelum lokasi jalan ambles di Desa Trimulyo. Setengah badan jalan longsor. Jadi sementara ini juga tidak bisa dilewati," jelasnya.

Diketahui, akses utama Wonosobo-Kebumen putus total. Menyusul amblesnya jalan antar kabupaten ini di Kecamatan Wadaslintang, Wonosobo.

Camat Wadaslintang Mitro Sambodo mengatakan peristiwa amblesnya jalan menuju Kebumen ini terjadi sekitar pukul 04.45 WIB, Selasa (12/1). Akibat kejadian ini mengakibatkan kendaraan roda dua maupun roda empat tidak bisa melintas.

"Iya betul jalan menuju Kebumen di depan Koramil Wadaslintang ambles dan longsor. Hal ini mengakibatkan akses jalan terputus," ujarnya melalui sambungan telpon, Selasa (12/1).

Menurutnya, amblesnya jalan ini disebabkan tingginya intensitas hujan sejak Senin (11/1) siang hingga malam. "Ini yang membuat jalan ini ambles sampai putus," terangnya.

(rih/sip)