Jalan Utama Wonosobo-Kebumen Ambles, Pemda Sulit Pasang Jembatan Bailey

Uje Hartono - detikNews
Selasa, 12 Jan 2021 18:08 WIB
Jalur utama Wonosobo-Kebumen, Kecamatan Wadaslintang, Wonosobo ambles, Selasa (12/1/2021).
Jalur utama Wonosobo-Kebumen, Kecamatan Wadaslintang, Wonosobo, ambles, Selasa (12/1/2021). Foto: Uje Hartono/detikcom
Wonosobo -

Jalan utama Wonosobo-Kebumen ambles dengan kedalaman sekitar 10 meter sehingga memutus akses kedua daerah tersebut. Dinas PU Bina Marga Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah saat ini memprioritaskan pembuatan akses jalan untuk pejalan kaki karena pemasangan jembatan bailey sulit dilakukan.

"Kita berusaha sementara ini untuk pembuatan akses pejalan kaki. Yang penting bisa dilalui dulu untuk pejalan kaki," kata Kepala Balai Pengelolaan Jalan wilayah Wonosobo Dinas PU Bina Marga Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah, Cuk Sunaryono, di lokasi kejadian, Desa Trimulyo, Kecamatan Wadaslintang, Wonosobo, Selasa (12/1/2021).

Cuk mengatakan pihaknya juga sudah memasang rambu-rambu peringatan tentang jalan ambles ini. Sementara itu untuk perbaikan, pihaknya masih menunggu tim perencanaan menganalisis kondisi tanah.

"Untuk penanganan pertama kami sudah memasang rambu pemberitahuan. Tetapi, kalau untuk penanganan nanti akan mendatangkan tim perencanaan untuk menganalisa," ujarnya.

Dia mengungkap sulit untuk memasang jembatan bailey (berbahan baja ringan portabel) di akses jalan yang terputus ini. Sebab, tidak ada tumpuan untuk jembatan tersebut karena kondisi jalan yang longsor akibat curah hujan.

"Ada saran untuk memasang jembatan bailey. Tetapi tidak mungkin karena tidak ada tumpuan yang kuat. Jalan satu-satunya adalah membuat akses pejalan kaki dulu sambil menunggu penanganan khusus," terangnya.

Cuk juga tidak bisa memastikan terkait kapan akses jalan antar kabupaten ini pulih. Namun, direncanakan akan dilakukan pengurukan di lokasi jalan ambles.

"Nanti kita uruk, tetapi harus ada kajian dulu. Kalau jembatan permanen akan memakan waktu lama. Harus ada alternatif," tuturnya.

Tonton video 'Ambles, Jalur Utama Wonosobo-Kebumen Putus Total':

[Gambas:Video 20detik]



(ams/rih)