Jalan Utama Magelang-Boyolali Tertutup Longsor, Ini Jalur Alternatifnya

Eko Susanto - detikNews
Rabu, 13 Jan 2021 11:20 WIB
Longsor terjadi Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Longsor tersebut menutup jalan utama yang menghubungkan Magelang-Boyolali.
Jalur utama Kabupaten Magelang-Boyolali tertutup longsor, Rabu (13/1/2021). (Foto: Eko Susanto/detikcom)
Kabupaten Magelang -

Material longsor menutup akses jalan penghubung dari Kabupaten Magelang-Boyolali, Jawa Tengah. Pengendara yang akan melintas bisa melewati jalur alternatif.

Longsor tersebut terjadi di Dusun Wonolelo, Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Selasa (12/1) malam dan tadi pagi. Adapun jalur alternatif yang bisa dilewati dari arah Sawangan bisa melewati Desa Sengi, Kecamatan Tlogolele, Kabupaten Boyolali. Kemudian daerah itu lalu melewati depan SMPN 2 Selo.

Demikian sebaliknya yang dari arah Boyolali, bisa melewati jalur Desa Klakah, Desa Tlogolele di Boyolali hingga masuk ke Desa Sengi, Kabupaten Magelang.

"Dari arah Magelang menuju Boyolali bisa melewati jalur alternatif melalui Sengi, Tlogolele," kata Kapolsek Sawangan AKP Tugimin di lokasi longsor, Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Rabu (13/1/2021).

Jalur alternatif itu bisa dilalui oleh mobil pribadi dan sepeda motor. Berdasarkan pantauan siang ini, petugas mulai membersihkan material longsor di lokasi kejadian.

Diberitakan sebelumnya, salah seorang warga Wonolelo, Umar (36), mengatakan hujan mengguyur daerah itu sejak Selasa (12/1). Kemudian diperkirakan longsor terjadi sekitar pukul 21.00 WIB kemarin. Saat petugas membersihkan longsor yang menutup jalan tersebut, tiba-tiba terjadi longsor susulan.

"Longsor yang terjadi semalam, tadi dibersihkan warga. Tiba-tiba mendengar suara 'kretek-kretek', terus lari," katanya saat ditemui di lokasi kejadian, pagi tadi.

(sip/mbr)