Jalan Utama Magelang-Boyolali Putus Tertutup Longsor

Eko Susanto - detikNews
Rabu, 13 Jan 2021 10:09 WIB
Jalan utama Kabupaten Magelang-Boyolali tertutup longsor
Jalan utama Kabupaten Magelang-Boyolali tertutup longsor. (Foto: Eko Susanto/detikcom)
Kabupaten Magelang -

Jalan utama yang menghubungkan Kabupaten Magelang menuju Kabupaten Boyolali, di Dusun Wonolelo, Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, tertutup longsor. Karena kondisi tersebut, jalan belum bisa dilewati.

Tebing yang longsor ini diperkirakan sekitar 25 meter. Material longsoran menutup akses jalan. Untuk saat ini, warga masih berjaga-jaga.

Kapolsek Sawangan AKP Tugimin mengatakan, tadi malam terjadi longsor dan tadi pagi sudah dibersihkan terjadi longsor susulan.

"Tadi malam terjadi longsor, tadi pagi sudah dibersihkan ada longsor susulan. Longsor ini mengakibatkan jalur dari Kabupaten Magelang menuju Boyolali tidak bisa dilewati," kata Tugimin, Rabu (13/1/2021).

Salah seorang warga Wonolelo, Umar (36), mengatakan, sejak Selasa (12/1), hujan mengguyur. Kemudian diperkirakan sekitar pukul 21.00 WIB, terjadi longsoran yang menutup akses jalan dan padi tadi dibersihkan. Saat dibersihkan tiba-tiba terjadi longsor susulan.

"Longsor yang terjadi semalam, tadi dibersihkan warga. Tiba-tiba mendengar suara 'kretek-kretek', terus lari," katanya saat ditemui di lokasi kejadian, Rabu (13/1) pagi.

Untuk saat ini, katanya, sudah berkoordinasi dengan beberapa pihak dan menunggu alat berat datang.

(mbr/mbr)