Jalan Penghubung Banjarnegara-Kebumen Putus Akibat Tertutup Longsor

Uje Hartono - detikNews
Rabu, 13 Jan 2021 08:03 WIB
material longsor menutupi jalan penghubung banjarnegera-kebumen
Material longsor menutupi jalan penghubung Banjarnegera-Kebumen> (Foto: Istimewa)
Banjarnegara -

Jalan provinsi Banjarnegara-Kebumen hari ini tidak bisa dilewati. Pasalnya, tebing yang berada di jalur antar kabupaten ini longsor hingga menutup badan jalan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara Aris Sudaryanto melaporkan, tebing setinggi 10 meter dan lebar 50 meter longsor. Sehingga sementara ini, jalan Banjarnegara-Kebumen via Gandulekor putus total.

"Tebing yang berada di Desa Glempang, Kecamatan Mandiraja ini longsor tadi malam. Sekitar pukul 10 malam. Sampai pagi ini, masih belum bisa dilewati kendaraan," terangnya saat dihubungi detikcom, Rabu (13/1/2021).

Ia mengatakan, hari ini akan dilakukan pembersihan material tebing longsor tersebut. Nantinya, akan mengerahkan alat berat untuk mempercepat proses pembersihan material tanah longsor tersebut.

"Untuk giat hari ini adalah pembersihan tanah longsor. Karena banyak dan ada bebatuan. Jadi untuk mempercepat akan mengerahkan alat berat juga," ujarnya.

Selama pembersihan material tanah longsor, pengendara arah Banjarnegara-Kebumen atau sebaliknya dialihkan ke jalur alternatif lain. Yakni melalui Merden, Kecamatan Purwanagara.

"Kalau jalan alternatif lain lewat Merden, Kecamatan Purwanegara. Itu jalan kabupaten, tetapi sudah bagus jadi sementara bisa lewat Merden," kata dia.

(mbr/mbr)