Tertimbun Longsoran, Jalan Alternatif Wonosobo-Magelang Terputus

Uje Hartono - detikNews
Rabu, 13 Jan 2021 07:39 WIB
Ilustrasi longsor (Andhika-detikcom)
Foto: Ilustrasi longsor (Andhika-detikcom)
Wonosobo -

Tebing longsor terjadi di jalan alternatif Wonosobo-Magelang. Akibatnya, material tanah longsor menutup badan jalan hingga membuat akses jalan terputus.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonosobo, Zulfa, mengatakan, tebing longsor terjadi di Bukit Potorono Desa Ropoh, Kecamatan Kepil. Akibat dari kejadian ini, akses alternatif Wonosobo - Magelang hingga saat ini, Rabu (13/1/2021) pukul 07.00 WIB terputus.

"Tebing di bukit Potorono longsor sekitar pukul 4 sora pada Selasa (12/1). Dan material tanah longsor ini menutup badan jalan alternatif menuju Magelang," terangnya melalui sambungan telpon, Rabu (13/1/2021).

Saat ini, masih dilakukan pembersihan material tanah longsor tersebut. Mengingat cuaca ekstrem sehingga pembersihan material tanah longsor dilanjutkan hari ini.

"Kemarin karena hari sudah malam dan cuaca juga ekstrim, makanya pembersihan material longsor dilanjutkan hari ini," kata dia.

Ia menyebut, tebing longsor di jalan alternatif Wonosobo-Magelang ini disebabkan hujan lebat dengan intensitas tinggi. Kondisi ini membuat bencana tanah longsor di beberapa titik di wilayah Wonosobo.

"Selain memutus akses jalan, ada juga yang menimpa rumah, seperti di Kampung Jaraksari kemudian di Kalianget dan Watumalang. Tetapi semuanya tidak ada korban jiwa. Serta (jalan ambles) di Wadaslintang jalan menuju Kebumen ambles," jelasnya.

(mbr/mbr)