Urban Legend

Cerita Hantu di Loji Gandrung, Rumah Dinas yang Akan Ditempati Gibran

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Minggu, 03 Jan 2021 10:16 WIB
Solo -

Bangunan di Jalan Slamet Riyadi Nomor 261, Solo, itu tampak megah dengan gaya khas Belanda. Patung Jenderal Gatot Subroto berdiri kokoh di bagian depan kolam air mancur.

Bangunan itu adalah Loji Gandrung yang di masa kini digunakan sebagai rumah dinas Wali Kota Solo. Namun pada masa lalu, Loji Gandrung adalah tempat tinggal pejabat pemerintah Belanda.

Nama Loji Gandrung sendiri berarti tempat bersenang-senang. Sebab saat ditinggali pejabat Belanda, lokasi itu sering digunakan untuk berpesta, menjamu makan malam, dan berdansa.

Meski tampak seperti bangunan kolonial, terdapat pula pernak-pernik khas Jawa, seperti arca dari batu. Di bagian belakang, terdapat bangunan joglo untuk menggelar kegiatan publik.

Dalam perjalanannya, Loji Gandrung pernah juga menjadi markas Gatot Subroto untuk menyusun strategi perang. Saat itu terjadi Agresi Militer Belanda II sekitar tahun 1948.

Di masa kemerdekaan, Bung Karno pun sering menginap di Loji Gandrung saat berada di Solo. Bahkan ada kamar khusus yang ditinggali Bung Karno.

Dari kekuasaan Belanda, bangunan yang berdiri sejak 1872 itu kini masih menjadi simbol kekuasaan. Sebab Loji Gandrung ditinggali pimpinan Kota Solo.

Bangunan inilah yang pernah ditempati Joko Widodo sekitar 7,5 tahun (2005-2012). Kemudian ditempati FX Hadi Rudyatmo hampir 8 tahun (2012-sekarang).

Dengan segera berakhirnya proses Pilkada 2020, Loji Gandrung akan memiliki tuan rumah baru. Sesuai hasil penghitungan suara KPU, Gibran Rakabuming Raka kemungkinan besar akan menjadi tuan rumah Loji Gandrung.

Selanjutnya: Kisah mistis di rumah dinas tersebut

Selanjutnya
Halaman
1 2 3