Dari Sekitar Bengkel di Klaten Ini Sudah 30 Ekor Ular Kobra Ditangkap

Achmad Syauqi - detikNews
Minggu, 03 Jan 2021 09:04 WIB
ular kobra yang ditangkap di sebuah bengkel di klaten
Ular kobra yang ditangkap di sebuah bengkel di klaten. (Foto: Istimewa)
Klaten -

Temuan enam ekor ular kobra di bengkel sepeda motor YM di Jalan Cawas- Pedan Dusun Jembangan, Desa Plosowangi, Kecamatan Cawas, Klaten, bukan temuan pertama. Sejak awal musim hujan sudah 30 ekor kobra ditemukan.

Puji Lestari, istri pemilik bengkel, mengatakan sejak awal musim hujan lalu, ditambah 6 ekor yang tertangkap Sabtu, kemarin, seluruh sudah ada 30 ekor kobra yang ditangkap. Yang kecil-kecil banyak dimatikan.

"Kali ini yang gede dapat dua ekor dan ditambah yang kecil sejak nonggol awal musim hujan total sudah 30 ekor. Sebab saya khawatir Sabtu (2/1) jam 11.00 WIB tadi siang saya hubungi relawan RCTD," jelas Puji kepada detikcom, Minggu (3/1/2021).

Menurut Puji, ular kobra itu muncul di sekitar rumahnya sudah sejak awal musim hujan atau sekitar awal bulan November lalu. Ular yang tertangkap, banyak yang dimatikan. "Ada yang hidup tapi banyak yang dimatikan. Saya dan keluarga langsung tidak berani tidur di kamar bawah tapi di kamar atas (lantai dua)," sambung Puji.

Temuan itu, terang Puji, bukan kali pertama sebab pada Desember 2019 dan Januari 2020 juga ditemukan cukup banyak. Namun selama musim kemarau tahun ini tidak keluar. "Waktu musim kemarau tidak ada. Baru saat mulai hujan ini pada nongol," lanjut Puji.

Anggota Animal rescue Pemadam Kebakaran Satpol PP Pemkab Klaten, Edy Setiawan menjelaskan sampai selesai evakuasi ditemukan tujuh ekor. Tidak hanya kobra tapi juga ular jali.

"Jumlah ular tertangkap total dua ekor kobra dewasa, empat ekor kobra anakan dan satu ekor ular jali. Total tujuh ekor ular tertangkap," jelas Edy pada detikcom saat dikonfirmasi ponselnya.

Evakuasi, sambung Edy, dilakukan mulai pukul 16.00 sampai 21.15 WIB. Lokasi di dekat bengkel motor yang tahun lalu pernah ditemukan atau persisnya di pekarangan Dusun Jembangan, Desa Plosowangi.

"Awal informasinya di dekat bengkel yang dulu ditemukan kobra. Ternyata benar ditemukan kobra Jawa (Naja Sputatri) dan ular jali (Ptyas corros)," pungkas Edy.

Sebelumnya diberitakan, enam ekor ular kobra ditangkap di gorong-gorong Jalan Raya Cawas-Pedan, Dusun Jembangan, Desa Plosowangi, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Dua ekor di antaranya induk kobra dan empat ekor anak.

"Hari ini yang tertangkap yang besar dua ekor dan yang kecil ada empat ekor. Semua dibawa tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemkab Klaten dan sisanya masih dicari," kata Puji Lestari, Sabtu (2/1).

Tonton juga '17 Kobra Teror Warga Tasikmalaya, Muncul di Halaman hingga Kamar':

[Gambas:Video 20detik]

(mbr/mbr)