Round-Up

Terowongan Super Pendek di Brebes, yang Lewat Harus Kayang hingga Rebahan

Imam Suripto - detikNews
Rabu, 18 Nov 2020 09:48 WIB
Terowongan sempit dan pendek di Brebes
Terowongan Gedong Jimat di Brebes (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Brebes -

Sebuah terowongan sempit di Desa Karangmalang, Kecamatan Ketanggungan, Brebes, Jawa Tengah, belakangan viral di dunia maya. Meski sempit, terowongan ini ramai oleh lalu lalang kendaraan.

Warga sekitar menyebut underpass ini dengan nama Terowongan Gedong Jimat. Lokasinya tidak jauh dari bekas gudang penyimpanan pusaka (gedong jimat) di RT 3 RW 2 Desa Karangmalang Kecamatan Ketanggungan.

Terowongan ini berada di bawah rel kereta api dengan panjang 5 meter, lebar 1,5 meter dan tinggi 1 meter. Warga mengatakan, terowongan ini dibuat saat pembuatan jalur kereta api sejak masa penjajahan Belanda.

Pada tahun 2017 sampai 2018, pemerintah membangun rel ganda dan di lokasi itu dibuat terowongan baru. Under pass baru ini memiliki tinggi 2 meter lebar 2 meter dan panjang 5 meter. Lokasinya pun berdampingan dengan terowongan sempit tersebut.

Meski pendek dan sempit, warga tiap hari menggunakannya sebagai jalur alternatif menuju kawasan kota dan pasar. Sejak lima hari lalu, intensitas warga yang melewati terowongan itu makin banyak, karena jalan utama penghubung dari desa di wilayah selatan Ketanggungan ke kawasan kota kecamatan ditutup karena tengah diperbaiki.

Karena ukurannya yang sempit dan pendek, pemotor harus membungkukan badan saat masuk terowongan. Tidak sedikit, pemotor harus kayang dan rabahan saat memasuki underpass ini.

Halaman selanjutnya: nekat masuk atau spion pecah...