Suasana Duka Pemakaman Ki Seno, Wayang Bima dan Bagong Turut Dikuburkan

Pradito Rida Pertana - detikNews
Rabu, 04 Nov 2020 14:32 WIB
Prosesi pemakaman dalang Ki Seno Nugroho, Rabu (4/11/2020).
Prosesi pemakaman dalang Ki Seno Nugroho, Rabu (4/11/2020). Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
Yogyakarta -

Suasana haru mengiringi pemakaman dalang wayang kulit asal Yogyakarta, Ki Seno Nugroho. Jenazah dalang kondang ini dimakamkan satu liang lahat dengan almarhum ayahnya, Ki Suparman Cermowiyoto.

Jenazah Ki Seno diberangkatkan dari rumah duka di Desa Argosari, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul. Pantauan detikcom, jenazah Ki Seno diantar ratusan orang yang sebagian besar didominasi anggota Penggemar Wayang Ki Seno Nugroho (PWKS). Tempat pemakaman Ki Seno di Semaki Gede, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

Tampak dalam prosesi pemakaman itu dua wayang kulit berwarna hitam ikut dikuburkan, yakni tokoh pewayangan Bagong dan Bima. Terlihat keluarga almarhum berdiri di pinggir pusara saat pemakaman.

Bima adalah tokoh pewayangan yang dipersonifikasikan pada diri Ki Seno. Seno adalah nama lain dari tokoh Bima. Sedangkan tokoh Bagong selama ini dikenal luas sebagai tokoh punakawan yang paling sering dipakai Ki Seno untuk menyampaikan pesan-pesan dan pencair suasana di panggung.

Prosesi pemakaman dalang Ki Seno Nugroho, Rabu (4/11/2020).Prosesi pemakaman dalang Ki Seno Nugroho, Rabu (4/11/2020). Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom

Salah seorang kerabat Ki Seno, Paulina Suratmi (86), mengatakan bahwa Ki Seno dimakamkan satu liang dengan ayahnya Ki Suparman Cermowiyoto. Hal itu sesuai keputusan keluarga.

"Dikuburkan satu liang dengan ayahnya. (Ki Seno) anak keempat dari lima bersaudara," kata Paulina saat ditemui di lokasi pemakaman, Rabu (4/11/2020).

Untuk diketahui, Ki Seno meninggal di RS PKU Muhammadiyah Gamping, Sleman, Selasa (3/11) pukul 22.15 WIB.

Admin dan manajer Ki Seno, Gunawan Widagdo, menceritakan kronologi sejak awal dalang kenamaan tersebut mengalami sakit saat bersepeda hingga dibawa ke rumah sakit dan meninggal.

Selanjutnya
Halaman
1 2