Kagetnya Sinden Saat Dengar Kabar Ki Seno Meninggal Dunia

Jauh Hari Wawan S. - detikNews
Rabu, 04 Nov 2020 11:44 WIB
Tatin Lestari Handayani, pesinden
atin Lestari Handayani. (Foto: Jauh Hari Wawan S/detikcom)
Bantul -

Duka mendalam dirasakan oleh keluarga dan orang dekat dalang kondang Ki Seno Nugroho yang meninggal kemarin. Di usianya yang masih terbilang muda, baru 48 tahun, Ki Seno telah berpulang.

Banyak kenangan yang diingat oleh orang-orang terdekat Ki Seno. Salah seorang di antaranya Tatin Lestari Handayani (34) yang merupakan salah seorang sinden yang sudah lama ikut dalam rombongan wayang kulit besutan Ki Seno Nugroho.

"Banyak sekali kenangan walaupun saya sering diunek-unek e (dimarahi), diece (dilekdek) itu suatu kebahagiaan dengan saya," kata Tatin saat ditemui wartawan di rumah duka, Dusun Gayam, Desa Argosari, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul, Rabu (4/11/2020).

Ia menuturkan sudah ikut Ki Seno Nugroho sejak 2009. Menurutnya tidak ada firasat apapun sebelum kepergian Ki Seno.

"Saya ikut Pak Seno tahun 2009. Saya nggak ada firasat sama sekali, beliau itu sehat. Mendengar berita seperti ini saya kaget," ungkapnya sambil menahan air mata.

Ia bertemu terakhir dengan Ki Seno pada 1 November silam yaitu saat Pagelaran Wayang Climen atau Wayang Ringkes yang disiarkan secara daring.

"Ketemu terakhir tanggal 1 November. Saya kangen dengan beliau, sekarang sudah tidak ada lagi," katanya.

Baginya, sosok Seno merupakan ayah. Ia belajar segala hal dari Seno.

Beliau adalah bapak saya, semuanya, aku belajar dari beliau tentang apapun, di panggung, gojekan panggung, saya bisa seperti ini karena Pak Seno," tuturnya.

"Termasuk saya sangat berterimakasih sudah menjadikan saya seperti ini," pungkasnya.

(sip/sip)