Menemui Wanita yang Viral Beri Baju ke Pria Bugil di Jalanan Magelang

Eko Susanto - detikNews
Selasa, 27 Okt 2020 17:26 WIB
Wanita yang fotonya viral karena memberi pakaian dan celana kepada pria bugil di Kabupaten Magelang, Selasa (27/10/2020).
Wanita yang fotonya viral karena memberi pakaian dan celana kepada pria bugil di Kabupaten Magelang, Selasa (27/10/2020). Foto: Eko Susanto/detikcom
Kabupaten Magelang -

Foto seorang wanita memberikan pakaian pada pria telanjang di pinggir jalan dekat Kantor Kemenag Kabupaten Magelang, viral dan ramai dibicarakan di media sosial. Siapa sosok wanita tersebut?

Dari penelusuran, wanita tersebut adalah Usnamawanti (27), karyawan Toko Al Muayyad yang berada di Jalan Mayjen Bambang Sugeng, Mertoyudan, Kabupaten Magelang. Usna pun bersedia menceritakan peristiwa yang fotonya viral tersebut.

"Kronologinya saya posisi di dalam toko. Teman saya (Siti Mahfirotul Khasanah) yang lihat dari dalam, di luar ada 'mohon maaf orang agak gangguan' berseliweran di jalan raya. Dia juga berlari-lari, saya dengan teman saya cuman yang terpikir kasihan aja. 'Kok miris lihatnya nggak pakai apa-apa'," kata Usna saat ditemui di tempat kerjanya, Selasa (27/10/2020).

Usna dan Siti yang kebetulan bekerja di toko oleh-oleh haji, kemudian mencari pakaian yang reject.

"Alhamdulillah saya kerjanya di toko pakaian. Jadi ada pakaian gitu (reject) itu kebetulan agak reject sedikit, jadi kalau ada barang seperti itu dipisahkan. Kami terus mencari-cari barangnya ada, ya langsung itu tak kasihke," ujarnya.

Usna begitu keluar dari toko melihat pria tersebut berada di seberang jalan. Ia kemudian memanggil-manggil orang yang bertugas menyeberangkan jalan agar memberitahu kepada pria tersebut.

"Saya keluar, orangnya di seberang jalan, di tengah terus. Saya manggilnya sebenarnya sama bapake yang nyeberangke jalan, 'saya niatnya panggil bapake itu', sama bapake malah orangnya dipanggil diberi tahu mau dikasih pakaian. Orang yang nyampiri, terus tak kasihke," tutur Usna warga Kecamatan Borobudur, itu.

Pakaian yang diberikan tersebut berupa baju dan celana. Pria tersebut mau menerima dan memakainya sendiri.

"Dipakai. Cuma tanya teman dipakai biasa lengkap, terus mondar-mandir sampai arah Blondo. Sampai habis Jumatan masih di sini, mondar-mandir," tuturnya.

Usna sendiri mengaku sempat takut saat akan memberikan pakaian tersebut. Terlebih pria yang akan diberi pakaian itu seperti linglung. Namun dia akhirnya tetap memberikan pakaian tersebut.

"Awalnya takut soalnya dia lari-lari, terus sama mbake juga dikunci saja. Cuma karena kasihan nggak tega. 'Mungkin kalau lengkap', masih biasa sering lihat nggak gitu. Tapi nggak teganya, aduh kok kita yang ngelihatnya kayak sakit. Terus jadinya, ya bismillah aja. Waktu nyariin sama mbake juga bismillah 'rezeki orangnya masih di situ'. Alhamdulillah aku buka pintu masih di sana, di tengah agak sana," ujar Usna saat ditemui bersama temannya, Siti Mahfirotul Khasanah (25) warga Mungkid.

Usna menuturkan, jika apa yang dilakukannya itu kemudian dia sampaikan kepada pemilik toko tempatnya kerja. Pemiliknya merespons dan mendukungnya. Usna juga diberi tahu jika perbuatannya itu telah viral di media sosial di grup Facebook Berita Wong Magelang.

"Sore, saya izin, 'Bu ini tadi ada orang mohon maaf gangguan terus saya ngambil maju sama celana tak kasihke, ya ndak apa dikasihi'. Tahunya dari bose juga, ini tadi fotone masuk di Berita Wong Magelang. Jadi tahunya dari situ, cuman saya nggak menanggapi di situ, cuma lihat komen banyak yang mendoakan. Alhamdulillah doa baiknya diamini saja," ujar Usna.

Selanjutnya
Halaman
1 2