Waduh! Seorang Pasien Corona Kabur dari RSUD dr Moewardi Solo

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Selasa, 27 Okt 2020 16:44 WIB
RS dr Moewardi Solo
RSUD Dr Moewardi, Solo. (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

Seorang pasien virus Corona atau COVID-19 asal Kecamatan Jebres, kabur dari RSUD dr Moewardi (RSDM), Solo, pagi tadi. Hingga sore ini, pasien tersebut belum diketahui keberadaannya.

Direktur RSDM, Cahyono Hadi, membenarkan kejadian tersebut. Pihaknya langsung berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo untuk mencari pasien tersebut.

"Iya benar, tadi pagi. Kita sudah koordinasi dengan Dinas Kesehatan," kata Cahyono saat dihubungi wartawan, Selasa (27/10/2020).

Menurut seorang sumber dari RSDM, pasien tersebut kabur sekitar pukul 04.00 WIB tadi. Pasien sebelumnya sempat diperiksa perawat pukul 02.00 WIB.

Menurut sumber tersebut, pasien terlihat dari CCTV menengok-nengok di lorong bangsal. Ketika dirasa aman, dia melepaskan infus dan kabur.

Terpisah, Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, mengaku petugas telah mendatangi rumah pasien tersebut. Namun ternyata pasien tidak pulang ke rumah.

"Sudah dicek di rumah tidak ada. Kita minta istrinya agar melapor jika (pasien) pulang," kata Rudy saat dihubungi wartawan.

Rudy juga akan mengoptimalkan Jogo Tonggo. Tetangga harus mengawasi rumah pasien jika sewaktu-waktu kembali pulang.

"Tetangga harus ikut mengawasi. Nanti kalau pulang, biar petugas Puskesmas nanti menjemput untuk dikembalikan ke rumah sakit," ujar Rudy.

(sip/rih)