Bantu Siswa Belajar Daring, Pengusaha Muda ini Bikin Konten Membatik

ADVERTISEMENT

Bantu Siswa Belajar Daring, Pengusaha Muda ini Bikin Konten Membatik

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Jumat, 23 Okt 2020 09:40 WIB
Pengusaha muda Ardianto Soewono dan istri, pemilik Batik Semar Solo
Pasangan Ardianto dan Rizky (Foto: dok. pribadi)
Dia mencontohkan motif 'peksi puspa isen' yang merupakan salah satu produk Batik Semar. Selain menampilkan objek utama burung dan daun, masih terlihat pula ornamen dengan motif kawung dan parang.

"Di batik kami, nanti akan kita tempel barcode di balik baju. Tinggal discan nanti akan muncul apa filosofinya, fungsinya apa. Jangan sampai nanti batik untuk acara kematian dipakai di pernikahan," ujar suami dari Rizky Boentoro itu

Tak melulu cerita tentang motif batik. Ardianto juga akan membuat konten komik. Isinya masih mengenalkan batik, namun dikemas lebih menarik.

"Ini baru kita mulai di Hari Batik kemarin. Kita akan unggah konten-konten ini secara terus menerus," katanya.

Selain melalui konten media sosial, pihaknya juga mengembangkan produk untuk melatih anak-anak membatik di rumah. Dia membuat paket yang berisi peralatan membatik sederhana, seperti canting, pewarna, sekaligus dengan petunjuknya.

Dengan meluncurkan konten edukasi tersebut, Ardianto berharap akan banyak membantu pembelajaran daring selama pandemi. Karena selama belajar daring itu, para siswa dipastikan akan banyak membutuhkan konten sosmed berisi berbagai pengetahuan, termasuk pengetahuan pengenalan dasar tentang batik.

"Kita buat dua jenis, untuk pemula dan level lanjutan. Untuk anak-anak di bawah kelas dua SD kita pakai yang aman. Canting kita ganti dengan kuas, malam kita ganti dengan lem, pewarnanya kita pakai yang aman. Kita juga bikin tutorial di YouTube," tutupnya.


(bai/mbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT