Solo Tembus 1.000 Kasus Corona: Tambah Klaster Ultah-Kantor BKD Tutup

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Kamis, 22 Okt 2020 21:13 WIB
Ilustrasi Tes Swab
(Foto: Ilustrator: Mindra Purnomo)
Solo -

Kasus virus Corona atau COVID-19 di Solo bertambah 26 orang positif pada hari ini. Total akumulasi kasus hingga Kamis (22/10/2020) sudah menembus angka 1.007 orang positif COVID-19.

"Sudah tembus 1.000 orang positif. Hari ini saja 26 orang. Jadi total 1.007 orang positif," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Solo, Siti Wahyuningsih, di Balai Kota, Kamis (22/10/2020).

Jumlah tersebut, salah satunya disumbang dari klaster ulang tahun keluarga di Kelurahan Bumi. Dari hasil pelacakan 12 orang yang sudah dinyatakan positif, ada tambahan enam orang positif dari klaster tersebut.

"Lima orang teman dari temuan kasus pertama dan satu orang asisten rumah tangga," kata Ning, sapaannya.

Adapun tambahan enam orang itu adalah lima orang warga Kelurahan Purwosari dan satu orang warga Kelurahan Bumi. Pihaknya masih akan melacak lebih dalam dari enam tambahan kasus itu.

"Kita masih harus tracing mendalam lagi dari enam orang yang baru ini," katanya.

Kasus baru muncul dari dalam kantor Pemkot Solo, yakni Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPPD) Solo. Satu orang pegawai dinyatakan positif COVID-19. "Ada satu orang positif COVID-19, pejabat struktural di BKPPD," ujar Ning.

Menurutnya, pejabat tersebut sempat mengikuti kegiatan dinas. Petugas pun harus melakukan swab kepada 55 orang kontak dari pejabat itu.

"Habis ada kegiatan, sehingga kontak tracing-nya banyak, 55 orang. Sudah kita swab hari ini," ujar dia.

Kantor BKPPD pun akan ditutup selama sepekan mulai besok. Petugas akan menyemprotkan disinfektan ke dalam kantor.

Adapun rincian dari 1.007 kasus positif COVID-19 di Solo ialah 207 orang isolasi mandiri, 59 orang dirawat di rumah sakit, 703 orang sembuh dan 38 orang meninggal dunia.

(mbr/rih)