Jenazah Robby Sumampow Dimakamkan di Karanganyar Hari Ini

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Kamis, 15 Okt 2020 11:59 WIB
Misa pemberangkatan jenazah Robby Sumampow di Solo, Kamis (15/10/2020).
Misa Pemberangkatan jenazah Robby Sumampow. Foto: (Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

Setelah disemayamkan selama tiga hari di rumah duka Thiong Ting, Jebres, Solo, jenazah pengusaha Robby Sumampow dimakamkan hari ini. Jenazah dimakamkan di Taman Memorial Delingan, Karanganyar.

Sebelum pemakaman, keluarga menggelar misa pemberangkatan jenazah di ruang E Thiong Ting, Kamis (15/10/2020). Selain itu, keluarga juga melakukan prosesi budaya Tionghoa sebelum memberangkatkan jenazah.

Pukul 10.10 WIB, perwakilan keluarga membawa salib dan foto Robby Sumampow berjalan perlahan keluar dari ruangan. Peti jenazah kemudian didorong hingga sampai di luar ruangan, peti dimasukkan ke dalam mobil jenazah Perkumpulan Masyarakat Surakarta (PMS). Pemberangkatan dilakukan setelah keluarga memecah buah semangka di depan mobil jenazah.

Masih diiringi keluarga yang membawa foto dan salib, mobil kemudian berjalan perlahan menuju jalan raya. Rombongan pun berangkat menuju Karanganyar.

Diberitakan sebelumnya, pengusaha yang sering disebut dengan nama panggilan akrab Robby Kethek itu meninggal dunia pada Minggu (11/10) pukul 23.00 WIB. Pengusaha yang dikenal dekat dengan kalangan tokoh Orde Baru tersebut tutup usia di Singapura.

Semasa hidup, Robby yang juga bernama Ie Kian Tong dikenal sebagai pengusaha properti dan hiburan. Propertinya tersebar di berbagai daerah di Indonesia dan sejumlah negara seperti Singapura, Hongkong, Korea Selatan.

Robby yang terkenal mahir berjudi juga pernah mengelola Porkas, undian berhadiah yang dilegalkan oleh Pemerintah di era Orde Baru. Dia juga pernah tersangkut kasus hukum terkait pemalsuan dokumen hingga dihukum 8 bulan penjara.

Robby meninggal dunia pada usia 74 tahun. Dia meninggalkan seorang istri, Priska Endang Lestari Pudjiastuti dan lima orang anak serta tujuh orang cucu.

(sip/mbr)