Round-Up

5 Hal Menarik dari Sosok Robby Sumampow, Raja Porkas yang Wafat Kemarin

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Selasa, 13 Okt 2020 09:25 WIB
Robby Sumampow
Robby Sumampow (Foto: Istimewa)
Solo -

Pengusaha asal Solo Robby Sumampow tutup usia di usia 76 tahun. Konglomerat yang dekat dengan tokoh-tokoh Orde Baru itu menyisakan cerita, tentang Porkas hingga bisa memiliki Benteng Vastenburg peninggalan Belanda yang berada di tengah Kota Solo.

Namun lima hal ini harus Anda ketahui dari sosok pribadi Robby Sumampow:

1. Bermula dari Makelar Motor

Robby lahir di Solo, 9 November 1944. Siapa sangka pria yang pernah menjalani bisnis makelar sepeda motor itu akhirnya menjadi sosok kaya raya dengan bisnis properti dan hiburan.

"Beliau sosok yang sangat gigih dalam berjuang. Maaf kata, dulu makelar motor sampai jadi konglomerat. Ini menjadi sejarah tersendiri," kata Pengacara Robby Sumampow, Heru S Notonegoro, saat dihubungi detikcom, Senin (12/10).

2. Bangun hotel hingga lapangan golf

Hal lain yang membuatnya kagum ialah Robby sudah memulai bisnis sejak muda. Heru menyebut sudah banyak bangunan yang Robby dirikan.

"Sampai beliau meninggal itu tidak pernah berhenti membangun, mulai dari rumah, mal, hotel, lapangan golf. Ada di Solo, Jakarta, Surabaya, Batam Singapura, Hongkong, Korea. Saya tidak bisa menghitung. Mungkin anaknya juga tidak hafal," kata dia.

Robby memang banyak mendirikan bangunan, terutama hotel. Di Solo, ada sejumlah hotel berbintang miliknya, seperti Hotel Adhiwangsa, dan yang terakhir diresmikan ialah Hotel Solia Zigna.

"Sebenarnya beliau masih mau membangun rumah sakit cukup besar di Solo. Sudah tender," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3