Ini Dia Penyebab Kafe di Malioboro Terbakar Saat Massa Demo Ricuh

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 08 Okt 2020 19:14 WIB
Kafe di dekat DPRD DIY terbakar, Kamis (8/10/2020).
Cafe Legian Garden yang berada di dekat kantor DPRD DIY kebakaran siang tadi. (Foto: Pius Erlangga/detikcom)
Yogyakarta -

Cafe Legian Garden yang berlokasi di dekat Gedung DPRD DIY, Jalan Malioboro terbakar siang tadi. Kebakaran itu terjadi saat massa demo tolak UU Omnibus Law Cipta Kerja siang tadi. Apa penyebabnya?

"Iya, (Cafe Legian dibakar) pendemo," kata Kabid Humas Polda DIY Kombes Yulianto saat dimintai konfirmasi detikcom, Kamis (8/10/2020).

Sebelumnya diberitakan, bagian lantai dua kafe tampak habis terbakar. Pada pukul 16.00 WIB tadi, ada empat unit mobil pemadam kebakaran yang berusaha memadamkan api.

Kebakaran itu terjadi saat massa demo tolak Omnibus Law di depan DPRD DIY berlangsung ricuh. Tak hanya kafe, ada juga dua sepeda motor yang dirusak dan dibakar massa.

Tak hanya itu, dinding depan gedung DPRD DIY juga dicoreti massa aksi. Sejumlah tulisan sumpah serapah mengisi dinding bagian depan gedung tersebut.

Diberitakan sebelumnya, kericuhan pecah dua kali sekitar pukul 13.00 WIB dan sekitar pukul 14.00 WIB di depan gedung DPRD DIY. Pada kericuhan di depan gedung DPRD itu, polisi sempat beberapa kali menembakkan gas air mata dan water cannon.

Sempat ada lemparan petasan dan sejumlah benda. Tampak ambulans juga mulai berdatangan di sekitar lokasi aksi.

Hingga akhirnya polisi mendorong massa mundur dengan tembakan gas air mata. Massa terpecah menjadi dua yakni ke arah utara atau area parkir Abu Bakar Ali dan Titik Nol Kilometer Yogyakarta.

(ams/sip)