Dipecat PDIP Gegara Ibu Maju Pilkada, Anak Bupati Semarang Buka Suara

Akbar Hari Mukti - detikNews
Kamis, 01 Okt 2020 19:18 WIB
Pengurus PDIP Semarang mengumumkan pemecatan Bupati Semarang Mundjirin dan anaknya dari PDIP, Pemecatan ini terkait dengan dukungan Mundjirin dan anaknya, Biena Munawa Hatta ke Bintang Narsasi di Pilbup Semarang, Kamis (1/10/2020)
Pengurus PDIP Semarang mengumumkan pemecatan Bupati Semarang Mundjirin dan anaknya dari PDIP (Foto: Akbar Hari Murti/detikcom)
Kabupaten Semarang -

Bupati Semarang Mundjirin dan anaknya, Biena Munawa Hatta resmi dipecat Ketum PDIP Megawati Soekarno. Biena Munawa Hatta pun mengaku sudah mendapatkan surat keputusan (SK) pemecatan dari PDIP tersebut.

"Menyikapi SK dari PDIP, surat sudah diterima hari ini untuk saya maupun bapak (Mundjirin)," kata Biena saat dihubungi wartawan, Kamis (1/10/2020).

SK pemecatan itu masing-masing bernomor 53/KPTS/DPP/IX/2020 dan 54/KPTS/DPP/IX/2020. Masing-masing berisi tentang pemecatan Mundjirin dan Biena Munawa Hatta dari keanggotaan di PDIP.

"Intinya surat sudah diterima untuk saya dan bapak (Mundjirin). Saya sudah baca, bapak sampai saat ini belum karena masih ada urusan," papar Biena.

Biena pun mengaku masih akan mendiskusikan dengan keluarga soal pemecatan dirinya dan ayahnya itu dari partai. Biena sendiri mengaku akan mengikuti petunjuk dari ayahnya.

"Kalau saya apapun manut bapak (Mundjirin) saja. Bapak nantinya mau bagaimana karena kaitannya yakni untuk saya dan Pak Mundjirin," ujarnya.

Dihubungi terpisah, Ketua Fraksi PDIP DPRD Kabupaten Semarang, Pujo Pramujito mengatakan pihaknya menunggu perintah DPC PDIP Kabupaten Semarang terkait status Biena Munawa Hatta sebagai anggota DPRD Kabupaten Semarang dari PDIP.

"Kami melangkah sesuai tata tertib yang ada di DPRD. Kami masih menunggu surat dari DPC," jelas Pujo.

Sebelumnya, Mundjirin dan Biena Munawa Hatta resmi dipecat oleh PDIP. Surat pemecatan Mundjirin dan Biena Munawa Hatta dari PDIP itu diteken Megawati pada Senin (28/9) lalu, dan diterima DPC PDIP Kabupaten Semarang hari ini.

"Secara resmi PDIP memecat Mundjirin dan Biena Munawa Hatta dari keanggotaannya di partai," jelas Wakil Ketua Bidang Kehormatan DPC PDIP Kabupaten Semarang, The Hok Hiong, ditemui di Kantor DPC PDIP, Bawen, Kamis (1/10).

The Hok menyebut Mundjirin dan Biena yang mendukung Bintang Narsasi maju Pilbup Semarang merupakan pelanggaran berat. Sebab di Pilbup Semarang, PDIP telah memutuskan mengusung wabup petahana Ngesti Nugraha dan M Basari (Ngebas).

Usai pemecatan ini, baik Mundjirin maupun Biena dilarang berkegiatan dan menduduki jabatan apa pun yang mengatasnamakan PDIP. Seperti diketahui, Biena Munawa Hatta saat ini menjabat sebagai anggota DPRD Kabupaten Semarang dari PDIP.

(ams/sip)