ADVERTISEMENT

Loyalis Amien Rais: Mayoritas Kader PAN Yogya Bakal Gabung Partai Ummat

Pradito Rida Pertana - detikNews
Kamis, 01 Okt 2020 18:12 WIB
Amien Rais mengumumkan partai barunya, Partai Ummat (Dok. Screenshot YouTube Amien Rais).
Foto: Amien Rais mengumumkan partai barunya, Partai Ummat (Dok. Screenshot YouTube Amien Rais).
Yogyakarta -

Salah satu loyalis Amien Rais, Nazaruddin, menyatakan bergabung dengan Partai Ummat setelah dia mengaku dicopot dari jabatannya sebagai Ketua DPW PAN Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Nazaruddin pun mengklaim mayoritas kader PAN di DIY bakal mengikuti jejaknya.

Menurut Nazaruddin, mayoritas kader PAN di DIY juga akan mengikuti jejaknya. Sedangkan untuk kader PAN yang menjadi anggota legislatif kemungkinan baru pindah ke Partai Ummat tahun 2023.

"Iya banyak, kalau di DIY banyaklah, kalau yang di luar anggota fraksi (PAN), mayoritas (pindah ke Partai Ummat). Kalau anggota fraksi kan kita ya memaklumi, ya mungkin nanti 2023 mereka akan menyusul," kata Nazaruddin saat dihubungi detikcom, Kamis (1/10/2020).

Ketika ditanya berapa persentase kader PAN di DIY yang pindah ke Partai Ummat, Nazaruddin enggan menyebutkan secara rinci. Namun, dia menyebut pengurus PAN khususnya yang merupakan loyalis Amien Rais akan pindah ke Partai Ummat.

"Mayoritas lah, kalau pengurus saya katakan mayoritas. Tapi kalau massa konstituen saya kira sebagian besar DIY ini akan (pindah) karena mereka sudah lama menunggu ini dan mereka sudah tidak lagi nyaman di PAN dan mereka akan mengikuti langkah-langkah Pak Amien," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Amien Rais mengumumkan partai barunya yang bernama Partai Ummat. Salah satu loyalis Amien Rais, Nazaruddin, memastikan bergabung dengan Partai Ummat setelah dia mengaku dicopot dari jabatan Ketua DPW PAN Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Lha saya kan sudah di-Plt oleh orang lain, berarti kan saya sudah bukan Ketua DPW PAN (DIY) lagi. Sekarang saya kegiatan saya fokus untuk konsolidasi pembentukan Partai Ummat ini," kata Nazaruddin saat dihubungi detikcom, Kamis (1/10).

Nazaruddin mengaku SK terkait pencopotannya dari jabatan Ketua DPW PAN DIY itu keluar pertengahan bulan September kemarin. Namun dia tidak mengungkapkan apa alasan pencopotan tersebut.

"Kalau SK-nya mungkin sekitar pertengahan bulan ini, tanggal 20 kalau tidak salah," jelas Nazaruddin.

Nazaruddin menyebut saat ini fokus untuk menghimpun kader Partai Ummat di DIY.

"Yang jelas tugas saya sekarang konsolidasi untuk mengumpulkan teman-teman, baik yang lama maupun yang baru untuk menyusun kepengurusan Partai Ummat di DIY, mulai dari kecamatan, kabupaten sampai kota," ujarnya.

Nazaruddin menambahkan, nantinya setelah selesai konsolidasi, Partai Ummat sesegera mungkin akan menggelar deklarasi.

"Ya ini kan tahapan kita, nama sudah diumumkan, nah tugas kita konsolidasi dan step berikutnya merilis secara virtual ke publik kapan kita deklarasi. Karena saat ini masih pandemi COVID-19," ucapnya.

Seperti diketahui, Amien Rais telah mengumumkan nama partai barunya, yakni Partai Ummat. Amien ingin berjuang melawan kezaliman lewat Partai Ummat.

"Pertama, melakukan al amru bil ma'ruf dan an-nahyu 'anil munkar, yakni memerintahkan tegaknya kebajikan dan memberantas keburukan. Kedua, menjalankan al amru bil 'adli dan an-nahyu 'anidzulmi, yakni menegakkan keadilan dan memberantas kezaliman," kata Amien melalui akun YouTube resminya, Kamis (1/10).

(rih/sip)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT