Round-Up

Dangdutan Saat Pandemi, Waket DPRD Tegal Kini Terancam Setahun Bui

Imam Suripto - detikNews
Selasa, 29 Sep 2020 10:08 WIB
Acara dangdutan yang digelar Wakil Ketua DPRD Kota Tegal Wasmad Edi Susilo, Rabu (23/9/2020)
Konser dangdut yang digelar Wasmad (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Kota Tegal -

Sebuah perhelatan musik dangdut digelar oleh Wasmad Edi Susilo, Wakil Ketua DPRD Kota Tegal, Jawa Tengah, di tengah pandemi COVID-19. Pentas hiburan ini mengantarkan Wasmad menjadi tersangka karena melanggar UU tentang Karantina Kesehatan.

Kasus hukum yang menjerat Wasmad ini berawal dari pentas musik hiburan dangdut yang dilaksanakan pada 23 September lalu. Gelaran musik ini untuk memeriahkah acara khitanan dan pernikahan keluarga Wasmad.

Ribuan warga memadati ruang terbuka seluas lapangan bola di Kecamatan Tegal Selatan. Selama jalannya acara, tampak antara warga satu dengan lainnya berdempetan dan tidak berjarak sama sekali. Mereka tampak berdesak-desakan dan mengabaikan protokol kesehatan.

Kompol Joeharno yang saat itu menjabat Kapolsek Tegal Selatan mengatakan, mengatakan, awalnya Wasmad bermaksud menyelenggarakan pernikahan dan khitanan anaknya. Dia mengajukan izin ke Polsek pada 1 September lalu untuk menggelar hajatan.

"Kita ada aturan main ada jukrah (petunjuk dan arahan) Kapolda terkait dengan perizinan. Izin bisa keluar sepanjang mematuhi protokol kesehatan dan tidak melaksanakan kegiatan yang bersifat mengumpulkan masa dalam bentuk hiburan," ujar Kapolsek.

Kapolsek meneruskan, saat akan mengajukan izin, Wasmad menyampaikan hanya menggelar organ tunggal untuk mengiringi tamu undangan makan siang. "Jadi awalnya bukan menggelar konser yang megah. Namun, pada hari H ternyata ada hiburan dengan panggung besar mirip konser," tandasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2