Relawan Vaksin Kena Corona Sepulang dari Semarang, Begini Penjelasannya

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Kamis, 10 Sep 2020 21:28 WIB
The doctor prepares the syringe with the cure for vaccination.
Ilustrasi (Foto: iStock)
Semarang -

Seorang relawan vaksin COVID-19 dikabarkan terpapar virus Corona setelah melakukan perjalanan ke Semarang. Belum diketahui pasti apakah relawan itu terpapar di Semarang atau saat perjalanan.

Meski belum diungkap apakah perjalanan relawan itu ke Kota Semarang atau Kabupaten Semarang, namun Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Abdul Hakam menanggapi hal tersebut saat ditanya wartawan.

Hakam mengatakan ada beberapa kemungkinan relawan itu terpapar Corona. Contohnya yaitu kemungkinan vaksin belum sempurna atau virulensi dari virus yang masuk ke relawan tinggi.

"Bisa saja karena memang vaksinasinya belum sempurna dan virulensi virus yang masuk tinggi," kata Hakam kepada wartawan melalui pesan singkat, Kamis (10/9/2020).

Ia juga menjelaskan vaksin dan obat memiliki efektivitas yang tidak 100 persen sehingga ada peluang kecil masih bakal terpapar.

"Setiap vaksin atau obat yang sudah edar pun punyai nilai efektivitas yg mungkin hanya mendekati 100 persen, efektivitasnya 98 persen, kemungkinan ada 2 persen orang yang gagal, dan dalam konteks ini mungkin contohnya orang tersebut. Apalagi terapi vaksinasi yang diberikan belum sempurna (baru 1 kali)," jelasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2