Round-Up

Relawan Vaksin Kena Corona Usai Pulang dari Semarang

Yudha Maulana - detikNews
Kamis, 10 Sep 2020 07:55 WIB
Poster
Ilustrasi penanganan pasien Corona. (ilustrator: Edi Wahyono)
Bandung -

Seorang relawan vaksin COVID-19 kedapatan positif Corona saat akan mendapatkan suntikan vaksin yang kedua. Ia terinfeksi virus Corona setelah melakukan lawatan ke Semarang, Jawa Tengah.

Ketua Tim Riset Uji Klinis Vaksin COVID-19 dari Unpad Prof Kusnandi Rusmil memastikan kembali, bahwa relawan yang tak disebutkan namanya itu terpapar COVID-19 bukan dari vaksin pertama yang disuntikkan.

"Jadi dia sudah disuntik, suntik pertama kali. Kemudian pergi ke Semarang, pas pulang dicek lagi swab-nya positif," ujar Kusnandi saat ditemui di Rumah Sakit Pendidikan Unpad, Kota Bandung, Rabu (9/9/2020).

"Positif bukan dari vaksin, kalau dari vaksin kan itu virus yang mati. Dia kontak (pergi) ke Semarang," ujar Kusnandi melanjutkan.

Walau demikian, relawan tersebut tak dikeluarkan (drop out) dari uji klinis yang dilakukan. Akan tetapi, pihaknya akan memberikan jadwal penyuntikan ulang setelah kondisi fisik relawan tersebut sehat kembali.

"Kalau di penelitian memang kalau yang positif di awal (sebelum penyuntikan) enggak boleh ikut. Tapi kalau dia positif karena pergi dari mana-mana itu akan kita suntik ulang, tapi dengan pemantauan," ucapnya.

Tonton juga 'Relawan Ungkap Pengalaman Disuntik Vaksin Sinovac':

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2