KPU Solo Rencanakan 2 Kali Debat Pilkada Solo, Bisa Digelar Virtual

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Kamis, 10 Sep 2020 18:19 WIB
KPU Solo bersiap jelang pendaftaran Pilkada 2020 yang akan dibuka pada 4-6 September mendatang. Sejumlah protokol kesehatan diterapkan guna cegah virus Corona.
KPU Solo. (Foto: Agung Mardika/detikcom)
Solo -

KPU Solo rencananya akan menggelar dua kali debat publik antarpasangan calon peserta Pilkada Solo. Pelaksanaan debat publik dimungkinkan untuk dilakukan secara virtual.

"Memang memungkinkan virtual. Menurut regulasi, bisa digelar tunda, bisa live, kemudian bisa dilakukan di lembaga penyiaran publik atau swasta atau di suatu tempat," kata Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti, saat dihubungi detikcom, Kamis (10/9/2020).

Nurul mengatakan PKPU nomor 10 tahun 2020 yang terbit akhir Agustus lalu juga memungkinkan jika debat publik digelar secara virtual. Nurul mengatakan bahwa yang terpenting dalam pelaksanaan tahapan Pilkada adalah penerapan protokol kesehatan. Misalkan debat dilaksanakan di suatu tempat, KPU membatasi hanya 50 orang yang berada di dalam ruangan.

"Jumlah maksimal yang ada di acara debat itu 50 orang. Tentunya tanpa pendukung, karena 50 itu sudah termasuk KPU, Bawaslu, timses paslon," ujar dia.

Nurul mengatakan sebenarnya regulasi memperbolehkan debat publik digelar hingga tiga kali. Namun pelaksanaannya tetap menyesuaikan anggaran yang tersedia.

Selanjutnya
Halaman
1 2