Tingkatkan Imun, Susu Kambing di Kudus Laris Manis Diserbu Pembeli

Dian Utoro Aji - detikNews
Rabu, 09 Sep 2020 16:44 WIB
Susu kambing produksi peternak di Desa Kaliwungu, Kudus laris manis di masa pandemi
Foto: Susu kambing produksi peternak di Desa Kaliwungu, Kudus laris manis di masa pandemi (Dian Utoro Aji/detikcom)
Kudus -

Permintaan susu kambing di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah meningkat di masa pandemi virus Corona (COVID-19). Para peternak asal Desa Kaliwungu, Kudus, Jawa Tengah pun kebanjiran permintaan susu kambing perah.

"Per hari permintaan rata hampir 5-7 liter. Kalau ramai 10 liter per hari. Itu susu segar langsung dari kambing, saya tidak pernah menyimpannya," kata salah satu peternak, Ngasirun kepada wartawan saat ditemui di Desa Kaliwungu, Rabu (9/9/2020).

Sirun, sapaan karibnya, mengaku mematok harga Rp 50 ribu per liter susu kambing miliknya. Sirun menyebut susu kambing miliknya diperas langsung ketika ada yang memesan.

"Rp 50 ribu per liter, orang dari Kudus luar Kudus juga banyak datang ke sini. Saya tidak berani ambil disimpan. Susu yang dibeli itu fresh langsung baru peras," jelas Sirun.

Sirun mengaku sudah sembilan tahun beternak kambing. Dari seekor kambing peranakan etawa, kini Sirun memiliki 20 ekor.

"Sudah sembilan tahun, untuk betina satu ada pejantan empat, waktu itu belum tahu susu perah. Kemudian ada informasi sama teman-teman dinas ternak ya tujuan utama membantu tetangga yang sakit jantung, diabetes, lambung dan lainnya," terang Sirun.

"Karena kan susu ini bisa memperlancar darah, minum susu bisa encer peredaran darahnya," sambung dia.

Terpisah, Ketua Program Studi Teknologi Pangan Fakultas Peternakan dan Pertanian Undip Semarang, Heni Riskiati mengatakan, susu kambing memiliki manfaat yang lebih tinggi dari susu sapi. Terutama dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

"Susu kambing manfaatnya jauh lebih bagus dibandingkan dengan sapi, jadi komponen bioaktif di dalam susu kambing jauh lebih bagus untuk daya tahan tubuh," kata Heni usai pelatihan pembuatan kefir dari susu di Balai Desa Kaliwungu, Kudus siang ini.