Anak Pedangdut A Rafiq Daftar Pilkada Pekalongan Naik Becak

Robby Bernardi - detikNews
Jumat, 04 Sep 2020 19:03 WIB
Pasangan Laila Fadia Elfouz Rafiq dan pasangannya Riswadi resmi daftar Pilkada Pekalongan 2020
Foto: Pasangan Laila Fadia Elfouz Rafiq dan pasangannya Riswadi resmi daftar Pilkada Pekalongan 202. (Robby Bernardi/detikcom)
Pekalongan -

Anak pedangdut A Rafiq, Laila Fadia Elfouz Rafiq dan pasangannya Riswadi mendaftar Pilkada Kabupaten Pekalongan 2020 hari ini. Keduanya menumpang becak dan berangkat ke KPU Pekalongan.

Arak-arakan simpatisan dengan yang dimulai dari Kantor Golkar ini melintasi Jalan Mandurorejo, yang berakhir di Kantor KPU. Sementara rombongan pendukung maupun simpatisannya berjalan kaki atau pun naik motor dan mobil.

Rombongan relawan yang naik kendaraan sempat terjebak di Jalan Raya Manudorejo. Sebab, polisi telah melakukan penyekatan dengan barrier di jalan tersebut.

Sesampainya di kantor KPU, ratusan relawan yang berjalan kaki megikuti becak pengantar tidak diperkenankan masuk ke halaman kantor KPU. Hanya pasangan bakal calon, ketua dan sekretaris partai pengusung, serta seorang liaison officer (LO) parpol yang diizinkan masuk.

Pasangan Fadia dan Riswud ini diusung oleh PDIP (11 kursi), Golkar (4 kursi), PAN (4 kursi), PKS (1 kursi), Partai Demokrat (nonkursi), PSI (nonkursi), dengan total 20 kursi. Ketua KPU Kabupaten Pekalongan Abi Rizal mengatakan berkas pendaftaran paslon tersebut sudah dibawa masuk verifikator partai sedangkan kedua paslon itu masuk tepat pukul 16.00 WIB.

"Hari ini kita menerima pendaftaran pasangan pertama. Tadi datang ke sini didahului dengan partai pengusung sekitar pukul 15.33 WIB, jadi masih dalam rentan waktu pendaftaran," jelas Abi Rizal di kantornya, Pekalongan, Jumat (4/9/2020).

Abi mengatakan setelah dilakukan verifikasi, berkas paslon itu dinyatakan lengkap. "Lengkap dan memenuhi syarat," kata Abi Rizal.

Sementara itu, calon wakil bupati Pekalongan Riswadi mengatakan pemilihan hari pendaftaran ini dilakukan sesuai dengan instruksi DPP PDIP. Dia pun senang berkasnya dinyatakan lengkap.

"Semua calon yang diusung oleh PDIP, secara nasional harus daftar pada tanggal 4 habis Jumatan. Alhamdulillah verifikasi yang dilakukan KPU dan panwas kami dinyatakan lengkap," tutur Riswadi.

Selanjutnya
Halaman
1 2