Peta Politik Bupati Petahana Vs Anak A Rafiq di Pilbup Pekalongan

Robby Bernardi - detikNews
Kamis, 03 Sep 2020 19:50 WIB
Deklarasi PKB, PPP, Gerindra dan NasDem usung bupati petahana Pekalongan Asip Kholbihi, Kamis (3/9/2020)
Foto: Deklarasi PKB, PPP, Gerindra dan NasDem usung Bupati petahana Pekalongan Asip Kholbihi, Kamis (3/9/2020) (Robby Bernardi/detikcom)
Pekalongan -

Bupati petahana Pekalongan Asip Kholbihi bakal bersaing melawan putri pedangdut A Rafiq, Laila Faida Elfouz Rafiq pada Pilkada 2020. Asip menggandeng Sumarwati, mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pekalongan yang telah mengajukan pensiun dini pada awal September ini. Bagaimana peta politiknya?

Pasangan Asip dan Sumarwati ini diusung tiga parpol yakni PKB, PPP, Gerindra, dan NasDem. Meski diusung tiga parpol, keduanya mengantongi lebih dari separuh kursi di parlemen dengan 25 kursi.

Dari total 45 kursi di DPRD Pekalongan, PKB memiliki 15 kursi, PPP 5 kursi, Gerindra 5 kursi, dan NasDem yang nonkursi. Rencananya pasangan ini bakal mendaftar pada hari kedua pendaftaran Pilkada, Sabtu (5/9) lusa.

"Hari ini kita memantapkan partai-partai pengusung. Di parlemen ada 25 kursi ditambah NasDem, sehingga dengan demikian sudah mayoritas. Kekuatan politik ini menjadi penopang utama untuk kemenangan di depan mata," kata Asip Kholbihi saat menghadiri konsolidasi partai pengusung di Karanganyar, Pekalongan, Kamis (3/9/2020).

Asip optimistis bakal memenangi Pilkada pada 9 Desember 2020 mendatang.

"Kita akan memenangkan 75 persen insyaallah, karena apa karena tadi representasi kekuatan politik di parlemen juga sudah 25 persen dan dukungan dari kelompok masyarakat," terangnya.

Acara konsolidasi ini, menurut Asip sebagai persiapan pendaftaran Pilbup Pekalongan yang akan dilakukan pada hari Sabtu (5/9) besok.

"Pendaftaran (Pilkada) akan dimulai hari Sabtu setelah salat Asar," kata Asip.

Selanjutnya
Halaman
1 2