Diusung Koalisi Gemuk, Jago PDIP Daftar Pilkada Boyolali Besok

Ragil Ajiyanto, Akbar Hari Mukti, Achmad Syauqi - detikNews
Kamis, 03 Sep 2020 17:03 WIB
Kantor KPU Boyolali, Kamis (3/9/2020).
Kantor KPU Boyolali, Kamis (3/9/2020). (Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom)
Boyolali -

Pasangan yang diusung PDIP, M Said Hidayat-Wahyu Irawan, akan mendaftar Pilkada Boyolali 2020 besok. Pasangan ini didukung mayoritas parpol yang menduduki kursi DPRD Boyolali.

Ketua DPC PDIP Boyolali, S Paryanto, mengatakan pihaknya akan mendaftarkan M Said Hidayat-Wahyu Irawan pada hari Jumat besok. Pendaftaran akan dilakukan pada pukul 13.30 WIB. Sebelum berangkat ke KPU, rombongan berkumpul dari Panti Marhaen, kantor DPC PDIP Boyolali.

"Daftar ke KPU Boyolali pada hari Jumat tanggal 4 September 2020," kata Paryanto kepada wartawan, Kamis (3/9/2020).

Menurut dia, dalam pendaftaran itu pihaknya juga tidak akan membawa pendukung yang banyak.

"Karena di masa pandemi, kami tidak membawa masa banyak. Cukup pasangan bakal calon yang kami usung, dan ketua, sekretaris, serta dua orang LO," kata Paryanto.

Diketahui, M Said Hidayat-Wahyu Irawan diusung oleh PDIP yang bermodal 35 kursi di DPRD Boyolali. Serta Partai Golkar (4 kursi), PKB (2 kursi), Gerindra (1 kursi). Dan ditambah dua parpol di luar legislatif, NasDem dan PPP. Hanya satu partai yang tidak mendukung jago PDIP itu, yakni PKS yang memiliki 3 kursi.

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Boyolali membatasi orang yang bisa masuk ke ruangan pendaftaran pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati. Hal ini terkait dengan kapasitas ruangan dan penerapan protokol kesehatan di masa pandemi virus Corona atau COVID-19.

"Ada pembatasan personil yang bisa masuk, yaitu hanya ketua dan sekretaris (dari Partai pengusul), pasangan calon, dan LO (penghubung) dua orang," kata Ketua KPU Boyolali, Ali Fahrudin, di kantornya, Jalan Perintis Kemerdekaan, hari ini.

Kemudian, dari Bawaslu juga dibatasi hanya dua orang saja. Sedangkan dari KPU, yakni lima orang ditambah dari kesekretariatan KPU dengan jumlah terbatas.

KPU Boyolali menyiapkan tempat penerimaan pendaftaran pasangan balon bupati-wakil bupati di ruang lobi. Selain itu di halaman depan juga didirikan tenda dan kursi untuk menampung para pendukung paslon.

"Dari pendukung dan keluarga akan kami siapkan di depan. Sudah kami siapkan tempatnya, tenda dan kursi namun juga terbatas," jelasnya.

Sejauh ini, pihaknya baru menerima pemberitahuan satu pasangan bakal calon yang akan melakukan pendaftaran. Yaitu paslon dari PDI Perjuangan, yakni M Said Hidayat-Wahyu Irawan.

"Protokol kesehatan kita terapkan ketat. Datang cuci tangan dulu, saat masuk ruangan dilakukan cek suhu tubuh dan dokumen kita semprot," imbuh dia.

Anggota KPU Boyolali, Siti Ulfa, menambahkan memang yang bisa masuk ke lokasi pendaftaran dibatasi. Hal ini terkait dengan penerapan protokol kesehatan COVID-19. Selain itu juga disesuaikan dengan kapasitas ruangan dengan penerapan protokol kesehatan.

"Untuk Paslon juga harus menyerahkan hasil tes swab," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2