Jalani Sidang Perdana, Kades Penampar Bocah Didakwa Pasal Penganiayaan

Imam Suripto - detikNews
Senin, 24 Agu 2020 17:58 WIB
Sidang kasus Kades Luwunggede Brebes aniaya bocah, PN Brebes, Senin (24/8/2020).
Foto: Sidang kasus Kades Luwunggede Brebes aniaya bocah di PN Brebes, Senin (24/8/2020). (Imam Suripto/detikcom)
Brebes -

Kasus penganiayaan anak di bawah umur oleh Kepala Desa Luwunggede, Kabupaten Brebes, Enggin, sampai ke meja hijau. Sidang perdana digelar di Pengadilan Negeri (PN) Brebes hari ini.

Sidang dipimpin oleh hakim Tornado Edmawan dengan dua hakim anggota masing-masing Agung Budi Setiawan dan Lisa Utari.

Agenda sidang pertama ini adalah pembacaan surat dakwaan oleh jaksa penuntut umum (JPU). Jaksa Andhi Hermawan Bolifar mengatakan, Enggin didakwa melanggar pasal 80 ayat 1 junto 76 C UU RI Nomor 17 tahun 2016 tentang Perlindungan Anak dengan ancaman hukuman 3 tahun 6 bulan.

"Yang bersangkutan, Kades Luwunggede didakwa melakukan penganiayaan terhadap anak. Pasal yang dikenakan Pasal 80 ayat 1 junto 76 C UU RI Nomor 17 tahun 2016 tentang Perlindungan Anak dengan ancaman 3 tahun 6 bulan penjara," jelas Andhi yang juga menjabat sebagai Kasi Pidum Kejari Brebes itu, usai sidang di PN Brebes, Jalan Ahmad Yani, Senin (24/8/2020).

Sementara itu pengacara terdakwa Enggin, Ahmad Torihin, mengatakan kliennya menerima dakwaan JPU. Karena itu, Enggin tidak mengajukan eksepsi.

"Klien kami tidak mengajukan eksepsi. Dia menerima dakwaan dari jaksa. Rencana sidang berikutnya kami mulai mengajukan pembuktian," kata Ahmad Torihin usai sidang.

Proses persidangan kasus ini akan dilanjutkan pada tanggal 3 September mendatang. Agenda sidang lanjutan yakni pembuktian dari jaksa.

Pantauan detikcom, sidang perdana ini dijaga ketat petugas keamanan dari Polres Brebes dan Kodim 0713. Tampak ratusan massa dari pihak korban menggeruduk PN Brebes untuk mengikuti jalannya sidang.

Massa meminta kepada majelis hakim agar Kepala Desa Luwunggede dijebloskan ke penjara karena melakukan penganiayaan terhadap anak di bawah umur yang juga merupakan warganya sendiri.

Tonton video 'Pengakuan Pelaku Hingga Tega Perkosa-Bakar Bocah 7 Tahun di NTB':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2