ADVERTISEMENT

Round-Up

Gus Mus Kritik soal Abai Pasang Bendera di HUT RI, Pemkab Bilang Tak Wajib

Arif Syaefudin - detikNews
Selasa, 18 Agu 2020 08:55 WIB
Pemasangan bendera di Alun-alun Rembang setelah dikritik Gus Mus
Pemasangan bendera di Alun-alun Rembang setelah dikritik Gus Mus. (Foto: Arif Syaefudin/detikcom)
Rembang -

Sebuah video beredar cukup luas di media sosial melalui platform group jejaring pesan whatsapp. Video tersebut hasil rekaman KH Ahmad Mustofa Bisri atau yang akrab disapa Gus Mus yang merekam diri sendiri sedang mempertanyakan tidak ada pemasangan bendera di Alun-alun Rembang di hari peringatakn HUT ke-75 RI, kemarin.

Terekam wajah Gus Mus dalam video tersebut nampak sedang berjalan kaki sembari merekam video. Mengenakan kacamata yang biasa ia kenakan, dan bermasker warna hitam dengan tulisan 'Masker untuk Indonesia'. Mengenakan topi lengkap baju berwarna nuansa merah dan putih.

Dalam rekaman video berdurasi 1 menit tersebut, nampak Gus Mus merekam dirinya sendiri ditengarai menggunakan kamer ponsel. Mengucap semacam kritikan, karena tak ada satu pun bendera merah putih yang dikibarkan tepat pada momen HUT ke-75 kemerdekaan RI.

"Hari ini, tanggal 17 agustus 2020, hari kemerdekaan Republik Indonesia, ada yang aneh menurut saya. Di Alun-alun kota Rembang, tidak ada satu pun bendera merah putih dikibarkan, tak ada satu pun bendera merah putih dikibarkan," ucap Gus Mus dalam video tesebut.

Selanjutnya terlontar sejumlah pertanyaan dari Gus Mus atas kenyataan tersebut. Setidaknya ada 3 butir pertanyaan yang dilontarkannya kepada Pemerintah Daerah setempat, dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Rembang.

"Pertanyaannya saya kepada Pemda Rembang, mulai Bupati sampai DPRD-nya. Apa lupa, apa tidak punya bendera? Apa karena lagi sibuk memikirkan pilkada? Terimakasih," tanya Gus Mus di penghujung video.

Saat dikonfirmasi, menantu Gus Mus, Rizal Wijaya membenarkan video yang viral tersebut adalah Gus Mus. "Ya betul, ya (Gus Mus)," kata Gus Rizal sapaan akrabnya saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Senin (17/8/2020).

Ia menyebut, tidak tahu secara persis video tersebut awalnya diunggah melalui platform apa. Namun, kemudian menjadi viral di media sosial karena diupload ulang oleh banyak netizen.

"Saya juga tidak tahu, tiba-tiba diviralkan sama orang-orang. Iya (Gus Mus merekam sendiri). Memang kan beliau sering jalan pagi di Alun-alun," terangnya.

"Pagi kan jalan-jalan pagi itu, ke Alun-alun. Kayanya lho melihat di video itu. Lho kok ga ada merah putih blas gitu lho. Pagi itu, pagi sekitar jam 5 jam setengah 6," lanjutnya.

Tonton video 'Kritikan Gus Mus Melihat Tak Ada Merah Putih di Alun-alun Rembang':

[Gambas:Video 20detik]





Selanjutnya: Pemkab bilang tak wajib

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT