Lolos SBMPTN 2020 UGM? Selamat! Ini Dia Jadwal Daftar Ulangnya

Pradito Rida Pertana - detikNews
Jumat, 14 Agu 2020 17:49 WIB
Universitas Gadjah Mada (UGM).
Foto: Universitas Gadjah Mada (UGM). (Dok Humas UGM)
Yogyakarta -

Universitas Gadjah Mada (UGM) mengeluarkan jadwal daftar ulang untuk calon mahasiswa yang lolos Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020. Seperti apa jadwal lengkapnya?

Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaan, Prof Djagal Wiseso Marseno mengatakan, bagi calon mahasiswa yang diterima di UGM harus melakukan registrasi dan mengunggah dokumen yang disyaratkan melalui um.ugm.ac.id/admisi mulai tanggal 15 sampai dengan 20 Agustus 2020, tepatnya pukul 23.59 WIB. Djagal menegaskan hal tersebut sangat wajib untuk dilakukan.

"Apabila sampai dengan 20 Agustus 2020 pukul 23.59 WIB calon mahasiswa tidak melengkapi biodata dan mengunggah dokumen sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku maka yang bersangkutan dianggap melepaskan haknya sebagai calon mahasiswa program sarjana UGM Tahun Akademik 2020/2021," katanya melalui keterangan tertulis yang diterima detikcom dari Humas UGM, Jumat (14/8/2020).

Tak hanya itu, terdapat pula rangkaian kegiatan registrasi bagi calon mahasiswa seperti membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) pada tanggal 21-25 Agustus 2020. Selanjutnya mencetak bukti registrasi pada tanggal 26 Agustus 2020 mulai pukul 22.00 WIB dan terakhir mengambil Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan jaket almamater yang jadwalnya akan diinformasikan kemudian melalui fakultas masing-masing.

Daftar ulang itu muncul usai pengumuman hasil SBMPTN UGM yang telah dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia sore ini. Pengumuman itu melalui laman Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

"Sudah serentak diumumkan melalui laman LTMPT pukul 15.00 WIB," ucapnya.

Dia menjelaskan proses SBMPTN 2020 dilakukan berdasar hasil UTBK yang terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS). Di mana TPS bertujuan mengukur kemampuan kognitif, yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi.

Selanjutnya
Halaman
1 2