160 Warga Pekalongan Tak Bermasker Terjaring Razia dalam Waktu 45 Menit

Robby Bernardi - detikNews
Rabu, 12 Agu 2020 13:25 WIB
160 orang warga Pekalongan terjaring razia masker,Rabu (12/8/2020).
Foto: 160 orang warga Pekalongan terjaring razia masker,Rabu (12/8/2020). (Robby Bernardi/detikcom)
Kabupaten Pekalongan -

Lebih dari 100 warga yang melintas di Karanganyar, Kabupaten Pekalongan, terjaring razia dalam operasi disiplin protokol kesehatan hari ini. Mereka kedapatan tidak pakai masker.

"Ini penegakan peraturan bupati tentang adaptasi kebiasaan baru. Di dalam perbup itu salah satu pasal menyebutkan, bagi masyarakat yang tidak berdisiplin menerapkan protokol kesehatan di antaranya bermasker. Itu akan mendapatkan tindakan disiplin," ujar Kabid Ketertiban Umum Satpol PP Kabupaten Pekalongan, M Syamsul Helmi, pada detikcom di lokasi razia, Rabu (12/8/2020).

Syamsul menjelaskan razia ini sebagai upaya penegakan Perbub No 33 Tahun 2020, tentang Pedoman Pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Sehat dan Produktif Pada Masa Pendemi Corona. Razia ini digelar oleh tim gabungan yang terdiri dari Satpol PP, TNI-Polri, dan BPBD Kabupaten Pekalongan.

Tercatat ada 160 pemotor yang tertangkap basah tidak menggunakan masker selama razia yang berlangsung hanya selama sekitar 45 menit. Para pelanggar aturan ini kemudian diberi rompi oranye yang di bagian belakangnya bertuliskan 'pelanggar disiplin'.

Selanjutnya
Halaman
1 2