Sopir Minibus yang Tabrak Tebing dan Tewaskan 1 Pendaki Kini Ditahan

Andika Tarmy - detikNews
Senin, 10 Agu 2020 13:07 WIB
Minibus pengangkut pendaki Gunung Lawu tabrak tebing
Foto: Minibus pengangkut pendaki Gunung Lawu tabrak tebing di Karanganyar, Minggu (9/8). (dok Istimewa)
Karanganyar -

Sopir minibus pengangkut belasan pendaki Lawu yang mengalami kecelakaan di Karanganyar, ditahan polisi. Polisi mendalami dugaan kecelakaan yang menewaskan seorang pendaki ini merupakan kelalaian sopir.

"Sopir saat ini kita tahan, masih kita periksa. Dugaan kita memang kesalahan sopir karena dia tidak mengecek kendaraan sebelum berangkat," ujar Kasat Lantas Polres Karanganyar, AKP Maulanan Ozar, dihubungi detikcom, Senin (10/8/2020).

Kecelakaan ini terjadi di Dukuh Secepit, Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, tadi malam. Minibus nahas tersebut disopiri Akhmad Khuzaidin (33), warga Dukuh Krajan Selatan, Desa Pakem, Kecamatan Gebang, Purworejo. Maulana melanjutkan, saat ini pihaknya belum menetapkan status tersangka kepada sopir minibus tersebut.

"Kita masih bisa tahan 1x24 jam untuk pendalaman. Masih ada kemungkinan-kemungkinan. Dugaan awal akibat pecah ban, setelah itu kan saksi mengatakan mobil tidak bisa dikendalikan, kita lihat apakah mesinnya masih layak. Kalau memang (masalahnya) kelayakan mobil, harusnya sopir bertanggung jawab," paparnya.

Selain itu, lanjut Maulana, diketahui pendaki yang meninggal ternyata tidak mengenakan sabuk pengaman. Akibatnya saat kecelakaan, korban terlempar ke depan dan sempat terjepit bodi mobil.

"Korban kan tidak memakai seat belt, kalau dia pakai dia tidak akan terlempar. Sopir juga tidak memastikan penumpang tidak memakai sabuk pengaman," terangnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2