Kasus COVID-19 di Wonogiri Melonjak, Ponpes-Tempat Wisata Masih Ditutup

Aris Arianto - detikNews
Kamis, 30 Jul 2020 21:06 WIB
Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, Senin (6/7/2020).
Foto: Bupati Wonogiri, Joko Sutopo. (Aris Arianto/detikcom)
Wonogiri -

Kasus virus Corona atau COVID-19 di Wonogiri makin melonjak. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri pun masih menutup sekolah, ponpes, hingga tempat wisata untuk antisipasi.

Mengacu pada data Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Wonogiri jumlah kumulatif positif COVID-19 hari ini mencapai 121, atau bertambah 15 kasus di hari ini. Sedangkan pada Rabu (29/7), jumlah kumulatif COVID-19 di Wonogiri sebanyak 105 kasus.

"Memang kita ketahui bahwa kasus positif COVID-19 ini mengalami peningkatan. Kebijakan yang kami ambil tetap belum akan membuka sekolah tempat wisata maupun pusat keramaian," kata Bupati Wonogiri Joko Sutopo kepada wartawan di Wonogiri, Kamis (30/7/2020).

Jekek, sapaan karibnya, mengatakan kalangan siswa masih menerapkan sistem pembelajaran daring atau online. Dia menyebut semua tempat wisata di daerah pertemuan perbatasan Jatim-Jateng-DIY-Samudra Indonesia juga masih ditutup.

"Semua tempat wisata baik yang dikelola Pemkab, maupun BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) belum dibuka. Demikian pula untuk pusat keramaian seperti alun-alun dan sebagainya, masih ditutup," terangnya.

Jekek menyebut pihaknya juga terus menyosialisasikan soal bahaya COVID-19 dan pencegahannya. Hal ini dilakukan lewat mobil keliling maupun pengumuman di tempat ibadah.

Selain itu, menyangkut kasus Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Yuli Bangun Nursanti maupun puluhan tenaga kesehatan (nakes) di RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso Wonogiri yang terpapar COVID-19, juga menjadi atensi serius. Dia pun meminta warga yang merasa sempat melakukan kontak untuk melapor agar segera dites.

"Saat masih banyak spesimen tes swab para nakes yang belum keluar. Sebagai bentuk antisipasi, Pemkab Wonogiri menyiapkan tempat isolasi khusus untuk para nakes di beberapa tempat. Seperti di Gedung PGRI atau di bangsal RSUD," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2