Pilkada Solo

2 Cucu Pakubuwono XII Merapat ke PKS, Gibran: Selamat Berjuang

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Kamis, 30 Jul 2020 16:45 WIB
Gibran Rakabuming dan Teguh kompak berkemeja menunggangi banteng
Foto: Gibran Rakabuming dan Teguh kompak berkemeja menunggangi banteng (Bayu Ardi/detikcom)
Solo -

Dua nama kerabat Keraton Kasunanan Surakarta, Putri Woelan Sari Dewi dan Syailendra masuk dalam bursa Pilkada Solo menantang Gibran Rakabuming Raka. Menanggapinya, Gibran mendoakan agar mereka dilancarkan dalam prosesnya.

"Selamat berjuang. Saya belum tahu beliau berdua lewat (partai) mana. Semoga dilancarkan," kata Gibran di kantor DPC PDIP Solo, Kamis (30/7/2020).

Dua cucu Pakubuwono XII itu dikabarkan telah berkomunikasi dengan PKS. PKS merupakan satu-satunya partai di DPRD Solo yang tegas ingin menjadi lawan Gibran.

PKS sendiri telah mengakui adanya komunikasi dengan Putri ataupun Syailendra. Namun karena syarat kursi mereka kurang, PKS masih harus mendekati partai lain.

Terkait adanya bakal calon perseorangan atau independen, Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo), Gibran mengaku belum mengetahui kabar terakhir proses mereka di KPU Solo.

Namun Gibran mengaku akan senang jika nantinya memiliki lawan dalam Pilkada Solo. Sebab dengan banyaknya calon, masyarakat akan disuguhi banyak pilihan.

"Saya senang sih, kita pengin ada lawan, biar kontestasi ini makin ramai, biar rakyat pilihannya semakin banyak," ujar dia.

"Ada Syailendra, Jeng Putri, biar makin banyak pilihannya. Kan demokrasi seperti itu," katanya.

Diberitakan sebelumnya, PKS mengaku terus mencari jalan untuk melawan dominasi Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa di Pilkada Solo 2020. Mereka mulai menjaring calon-calon yang akan bersaing dengan pasangan jagoan PDIP itu.

Ketua DPD PKS Solo, Abdul Ghofar mengatakan sudah ada sejumlah nama yang melakukan komunikasi dengan PKS. Antara lain dari kalangan kerabat Keraton Kasunanan Surakarta.

Selanjutnya
Halaman
1 2