Cara Asyik Ajari Siswa SD Belajar Matematika Pakai Monopoli, Penasaran?

Dian Utoro Aji - detikNews
Kamis, 23 Jul 2020 17:53 WIB
Mahasiswa ini ajarkan matematika lewat permainan monopoli
Foto: Mahasiswa ini ajarkan matematika lewat permainan monopoli. (Dian Utoro/detikcom)
Kudus -

Mahasiswa Universitas Muria Kudus (UMK) punya cara unik mengajari siswa sekolah dasar belajar matematika. Mereka mengajari para siswa SD belajar lewat permainan monopoli matematika atau politika.

Pantauan detikcom, mahasiswa yang berjumlah empat orang ini mendatangi salah satu rumah siswa SD di Desa Bakalan Krapyak Kecamatan Kaliwungu, Kamis (23/7). Empat mahasiswa ini berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Matematika semester enam.

Tiga siswa SD yang ada di rumah itu pun diajak bermain politika. Mainan monopoli ini sudah dimodifikasi dengan hukuman maupun soal-soal matematika. Keempat mahasiswa ini yakni Vany Diah Puspita, Miqdam Maulana, Shinta Herawati, dan Arung Nugroso Sumarno Putra.

"Ini mungkin terobosan baru, jadi bisa langsung datang ke setiap rumah siswa SD. Apalagi mereka ini kan sedang belajar di rumah. Mereka juga merespons baik, karena ini juga lebih menyenangkan bagi anak-anak karena belajar sambil belajar," terang Miqdam Maulana kepada wartawan saat ditemui di Desa Bakalan Krapyak Kecamatan Kaliwungu, Kamis (23/7/2020).

Miqdam mengatakan belajar matematika lewat permainan monopoli ini merupakan salah satu tugas kampusnya. Dengan harapan matematika yang kerap jadi momok bagi banyak orang itu menjadi lebih mudah dipelajari.

"Ini merupakan salah satu tugas mata kuliah workshop pendidikan matematika. Tugas itu dari dosen untuk membentuk sebuah media. Bagaimana media ini bisa memudahkan siswa agar giat belajar matematika," tutur Miqdam.

"Ini inovasi salah satu tambahan di mana siswa belajar matematika sulit itu bisa berubah ini lha matematika menyenangkan," ujar dia.

Di lokasi yang sama, Vany Diah Puspita menambahkan beda politika dengan monopoli biasa terletak pada kartu soal. Kalau monopoli matematika kartu soal berisi tentang soal matematika. Selain itu juga kartu sanksi seperti menyanyi.

"Bedanya itu terletak pada kartu soal, kalau kartu soal monopoli matematika kartu soal berisi tentang matematika, seperti penjumlahan dan sebagainya. Monopoli biasanya kan uang, dan umum," ujar dia.

Selanjutnya
Halaman
1 2