Kronologi PDP Corona Tewas Setelah Lompat dari Lantai 3 RSUD Demak

Mochamad Saifudin - detikNews
Rabu, 08 Jul 2020 21:57 WIB
RSUD Sunan Kalijaga Demak
Foto: RSUD Sunan Kalijaga, Demak (Mochamad Saifudin/detikcom)
Demak -

Seorang pasien di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sunan Kalijaga, Demak, Jawa Tengah, tewas setelah melompat dari lantai tiga. Pihak rumah sakit menyebut pasien itu melompat dari ruang isolasi penanganan virus Corona atau COVID-19.

Kabid Pemasaran dan Rekam Medis RSUD Sunan Kalijaga, dr Abdul Rohman mengungkapkan kejadian tersebut saat ditemui wartawan di kantornya, Rabu (8/7/2020).

Rabu, 8 Juli 2020
Pukul 00.00 WIB

Pihak rumah sakit mendengar suara dak, dak, dak, brak, saat pasien berusaha melarikan diri dengan menjebol teralis dan melompat lewat balkon lantai 3 ruang isolasi Corona.

Pukul 01.00 WIB

Pasien meninggal setelah sempat dirawat di ruang gawat darurat (UGD).

Pukul 01.50 WIB

Juru bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Demak, dr Singgih Setyono mendapatkan kabar kejadian tersebut dari Direktur RSUD Sunan Kalijaga

Pukul 13.30 WIB

Pihak kepolisian melakukan penyelidikan di tempat kejadian perkara (TKP) lantaran baru menerima laporan pagi harinya

Sementara Abdul menyebut pasien tersebut dirawat sejak Selasa (30/6). Dia mengatakan, pasien itu masih menjalani perawatan intensif dan memakai alat bantu oksigen.

"Beliau ingin pulang, mungkin jenuh, pengin pulang, padahal kondisinya belum memungkinkan untuk pulang karena masih sesak napas dan masih pakai oksigen," tutur Abdul.

Abdul menyebut pihak rumah sakit sudah melakukan test swab ke pasien tersebut. Namun, hasil tes pasien tersebut belum keluar.

Abdul menerangkan peristiwa itu terjadi sangat cepat. Pihaknya menyebut pasien sempat berupaya melarikan diri hingga akhirnya melompat dari lantai 3 ruang isolasi Corona.

"Kejadiannya sangat cepat sekali. Pada saat dia berusaha melarikan diri, terdengar suara dak dak dak, brak. Kemudian kita tahu, dia sudah mau keluar ke balkon. Kemudian kita berusaha mengejar, tapi beliau sudah langsung terjun. Jadi kejadian itu tidak ada waktu satu menit, sudah jatuh ke tanah," urainya.


Catatan redaksi:

Informasi dalam artikel ini tidak ditujukan untuk menginspirasi kepada siapa pun untuk melakukan tindakan serupa. Bagi Anda pembaca yang merasakan gejala depresi dengan kecenderungan berupa pemikiran untuk bunuh diri, segera konsultasikan persoalan Anda ke pihak-pihak yang dapat membantu seperti psikolog, psikiater, ataupun klinik kesehatan mental.

(rih/mbr)