Viral Kisah Pedih Ikan Arwana Seharga Rp 2 Juta yang Akhirnya Digoreng

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Selasa, 16 Jun 2020 14:07 WIB
Viral ikan arwana peliharaan digoreng ayah
Foto: Viral ikan arwana peliharaan digoreng ayah di Sukoharjo. (dok. Istimewa)
Sukoharjo - Betapa kagetnya Bayu, warga Kabupaten Sukoharjo, mengetahui kabar ikan kesayangannya digoreng sang ayah tanpa izin. Padahal sudah empat tahun dia membesarkan ikan hias arwananya tersebut.

Cerita tersebut viral setelah diunggah oleh akun Instagram @solokini. Disebutkan bahwa dua tahun terakhir ikan tersebut diurus ayahnya, namun kini ayahnya malas mengurus hingga akhirnya memasak ikan itu.

Bayu mengetahui kabar tersebut dari adiknya. Adiknya juga sempat memotret kondisi ikan saat akan digoreng hingga disajikan matang.

"Arwanaku yo digoreng bpk ku min. Tukune neng Jatinegara min kui umur wis 4thn punjul ngancani aq neng Cikarang ae 2thn tak gowo muleh malah ra kopen bpkku yow wis males yowis di goreng bpk ku (Arwanaku ya digoreng bapakku min. Belinya di Jatinegara min umur sudah 4 tahun lebih menemani saya di Cikarang 2 tahun saya bawa pulang malah tidak terawat bapakku ya sudah malas ya sudah digoreng bapakku," kata Bayu yang dikutip akun @solokini.

Melalui akun @mas_bayu_oky, Bayu mengatakan dirinya bekerja di Cikarang, Bekasi. Dia mengisahkan ikan arwana jenis golden itu dibeli di Jatinegara seharga Rp 800 ribu.

"Dulu belinya Rp 800 ribu, tapi kalau sekarang dijual harganya sekitar Rp 2 juta," kata Bayu kepada detikcom, Selasa (16/6/2020).

Setelah semakin besar atau sekitar usia dua tahun, ikan tersebut dia bawa ke Sukoharjo agar dirawat keluarganya. Sebab akuariumnya sudah tidak lagi muat ditempati ikan arwananya yang makin besar itu.

"Kalau di rumah (Sukoharjo) kan akuariumnya besar, jadi biar ikannya nyaman," jelas Bayu.

Tonton video 'Lezatnya Olahan Ikan Kapiek Khas Pekanbaru':

Namun, lama kelamaan ayah Bayu mulai malas merawat ikan tersebut. Jika biasanya ikan diberi makan jangkrik dan kelabang, ayahnya hanya memberikan cicak.

Viral ikan arwana peliharaan digoreng ayahFoto: Penampakan ikan arwana peliharaan sebelum digoreng ayah (dok. Istimewa)

Kemudian, Bayu mendapat kabar dari adiknya jika ikan arwana kesayangannya itu sudah digoreng ayahnya. Bayu mengaku sudah pasrah dan berusaha tak mau memikirkan kembali hal tersebut. Sebab, dia tak bisa membayangkan ayahnya memakan ikan hias kesayangannya senilai Rp 2 juta itu.

"Sudah saya ikhlaskan itu. Kalau membayangkan itu rasanya mau muntah," tutupnya.

(ams/sip)