Hingga Akhir 2019, Pelaku Tabrak Lari di Overpass Solo Masih Bebas

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Selasa, 31 Des 2019 16:24 WIB
Tabrak lari di overpass Manahan, Solo (Foto: Tangkapan layar CCTV Dishub Pemkot Surakarta)

Setelah sebulan penyelidikan, polisi baru dapat mengidentifikasi jenis mobil pelaku. Pihaknya belum mengetahui secara pasti nomor polisi mobil tersebut.

"Mobilnya sudah diketahui jenisnya. Tapi kan nomor polisinya itu waktu di-zoom pecah. Pelatnya itu bukan dua huruf, tapi satu huruf, bukan AB bukan AD. Angkanya empat digit," kata Rudi.

Karena menganggap penanganan terlalu lama, Lembaga Pengawasan dan Pengawalan Penegakan Hukum Indonesia (LP3HI) mengajukan gugatan praperadilan kepada Pengadilan Negeri Surakarta. Sebagai tergugat ialah Kasat Lantas, Kapolresta Surakarta, hingga Kapolda Jawa Tengah.


Namun hingga tiga kali pengajuan gugatan, LP3HI dinyatakan kalah. Tiga kali proses pengadilan yang menghabiskan waktu tiga bulan itu seluruhnya dimenangi oleh Polresta Surakarta.

Kapolresta Surakarta yang baru, Kombes Andy Rifai, memastikan polisi tidak akan menghentikan pencarian pelaku tabrak lari. Hingga kini polisi masih melakukan penyelidikan.

"Ini menjadi salah satu PR kita di tahun 2020. Yang jelas, kami tidak menghentikan kasus ini. Kami masih terus melakukan penyelidikan," katanya.


(bai/mbr)